NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEMATIK SISWA SD KELAS IV KURIKULUM 2013

Nur Latifah, Rina Permatasari

Abstract


Kurikulum 2013 sangat erat kaitannya dengan pendidikan karakter. Implementasi buku ajar tematik yang digunakan dalam kurikulum 2013 menekan pada pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan mendeskriptifkan muatan nilai-nilai karakter yang ada pada buku tematik siswa kelas IV semester 1. Metode penelitian ini Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian analisis isi atau content analysis. Sumber data yang digunakan adalah bahan ajar buku tematik siswa kurikulum 2013 kelas IV semester 1 terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang. Data diperoleh dengan menggunakan teknik kajian isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Siswa Kelas IV semester 1 telah memuat nilai-nilai karakter yang dikontrakkan pada kurikulum 2013. Nilai karakter yang paling banyak ditemukan ialah nilai karakter bersahabat atau komunikatif dan gemar membaca yang diperkuat dengan instrumen penelitian yaitu dari hasil data observasi dan wawancara. Sedangkan nilai karakter yang paling sedikit ditemukan yaitu nilai karakter semangat kebangsaan.
Kata Kunci:pendidikan karakter, buku tematik


Full Text:

PDF

References


Barnawi & M. Arifin. (2016). Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Bungin, Burhani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. (2017). Pengembangan & Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, & R & D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter :Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

M. Noor, Rohinah. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra Solusi Pendidikan Moral Yang Efektif. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2565

Article Metrics

Abstract - 1523 PDF - 2787

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2565.g1681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats