PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU

Audita Alfianti, M. Taufik, Zerri Rahman Hakim

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran IPS berbasis video animasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Panancangan 2 dengan subjek penelitian di kelas IV dengan 20 orang siswa pada uji coba terbatas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang telah dikembangkan oleh Sugiyono yang terdiri dari 6 tahapan yaitu analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk. Video animasi di validasi oleh para ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada siswa. Hasil uji validasi para ahli sebesar 79,9% dengan kriteria layak. Hasil uji coba produk sebesar 86,2% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video animasi layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPS pada tema indahnya keragaman di negeriku. Kata kunci : media pembelajaran, IPS, video animasi.

Abstract

This study aims to determine the feasibility and response of students to media learning based on animated video animation. This research was conducted at SDN Panancangan 2 with research subjects in class IV with 20 students on a limited trial. The research method used is a research and development method that has been developed by Sugiyono consisting of 6 stages namely problem analysis, data collection, product design, design validation, design revision, product trials. Animated videos are validated by experts namely material experts, media experts, and linguists, then the product is tested on students. The validation test results of experts amounted to 79.9% with reasonable criteria. Product trial results of 86.2% with very good criteria. Based on the results of the study it can be concluded that the video animation media is appropriate to be used in social studies learning on the beautiful theme of diversity in my country. Keywords :learning media, social sciences, animated video


Full Text:

PDF

References


Agustiningsih. “Video” Sebagai Alternatif Media Pembelajaran dalam Rangka Mendukung

Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Vol.4 No.1 Hal.63.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hidayatullah, Priyanto, M. Amarullah Akbar & Zaky Rahim. 2011. Animasi Pendidikan

Menggunakan Flash. Bandung : Informatika Bandung.

Jamaludin, Ujang dan Rachmatullah, Reza. 2018. Pembelajaran Pendidikan IPS Teori

Konsep dan Aplikasi Bagi Guru dan Mahasiswa. Bekasi: CV Nurani.

Siska, Yulia. 2016. Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Garudhawaca.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Surahman, Edy dan Mukminan. 2017. Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar

dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Jurnal

Pendidikan IPS. Vol.4. No.01. Hal.03.

Suryani, Nunuk, dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Umar. 2014. Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal

Tarbawiyah. Vol.11 No.1. Hal.138-139.

Wirasasmita, Rasyid Hardi dan Putra, Yupi Kuspandi. 2015. Pengembangan Media

Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan

Macromedia Flash. Jurnal Educatio Vol. 10 No.2. Hal 262-279.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927

Article Metrics

Abstract - 3292 PDF - 3305

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927.g1791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats