PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SDN PINANG 6 TANGERANG

Wiwi Ulandari, Ferry Perdiansyah, Moh. Zamroni

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran IPA materi gaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK . Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A SD Negeri Pinang 6 Kecamatan Pinang Kota Tangerang yang berjumlah 40 siswa . Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument soal uraian dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengukur peningkatan indikator keberhasilan yang sudah dirumuskan. Pelaksanaan dilakukan dalam dua siklus. Pelaksanaan ini untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis. Pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa rata-rata 67,5 dan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa ratarata 92. Dari hasil penelitian ini bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Problem Based Learning pada materi gaya berhasil diterapkan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa . Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari 57,5% menjadi 95% . Kata Kunci : Berpikir Kritis, Metode Problem Based Learning, Pembelajaran IPA

Abstract

This study aims to determine whether there is an increase in the ability to think critically with learning science material style. This study uses the PTK research method. The sample in this study were all students of class IV A Pinang 6 Public Elementary School Pinang District Tangerang City, which amounted to 40 students. Data collection techniques using the instrument description and observation questions. The data collected is analyzed to measure the improvement in the indicators of success that have been formulated. The implementation is carried out in two cycles. This exercise is to measure the increase in critical thinking skills. In the first cycle the students 'critical thinking skills averaged 67.5 and in the second cycle the students' critical thinking abilities averaged 92. From the results of this study that science learning using the Problem Based Learning method on style material was successfully applied and could improve critical thinking skills the student. The conclusion is an increase in student learning outcomes from 57.5% to 95%. Keywords: Critical Thinking, Problem Based Learning Method, Science Learning


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Raya Grafindo.

Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.

Kokasih, E., & Mulyadi, Y. (2014). Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Yrama

Widya.

Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suharsimi, A., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi

Aksara.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wisudawati, A., & Slistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi

Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2930

Article Metrics

Abstract - 1043 PDF - 888

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2930.g1794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats