PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN PONDOK PUCUNG 01 KOTA TANGERANG SELATAN

Dwi Ayu Aprilia, Rizki Zuliani, Candra Puspita Rini, Een Unaenah

Abstract


ABSTRAK

Hasil penelitian menunjukan bahwa produk LKS IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya menggunakan pendekatan kontekstual dengan lima tahapan yaitu, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Dari hasil Analisis validasi LKS oleh ahli materi dan media menunjukan bahwa kualitas LKS sangat baik dengan rata-rata 3,29. Sedangkan analisis validasi kepraktisan LKS oleh ahli pendidikan dan siswa menunjukan bahwa kualitas LKS baik dengan rata-rata 3,79. Terdapat perbedaan signifikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV sebelum menggunakan LKS dan sesudah menggunakan LKS. Dapat dilihat peningkatan hasil Pretest dan Postest. hasil Pretest menunjukan bahwa nilai ratarata pelajaran IPA 9, sedangkan hasil Postest menunjukan bahwa nilai rata-rata pelajaran IPA 9,3. Hal ini menunjukan bahwa nilai Postest lebih bagus dari pada nilai Pretest maka LKS yang dikembangkan pada penelitian ini dapat dikatakan efektif. Kata Kunci : LKS Kontekstual, IPA, ADDIE.

ABSTRACT

The results of the study showed that the product of the Natural Sciences LKS classifying animals based on the type of food using a contextual approach with five stages, namely, observing, asking, gathering information, reasoning, and communicating. From the results of the validation analysis of the worksheets by material and media, experts showed that the quality of worksheets was very good with an average of 3.29. While the validation analysis of the practicality of student worksheets by educational experts and students shows that the quality of worksheets is good with an average of 3.79. There is a significant difference in the increase in science learning outcomes of fourth-grade students before using LKS and after using LKS. Can be seen an increase in Pretest and Posttest results. Pretest results show that the average value of science lessons 9, while the posttest results show that the average value of science lessons 9,3. This shows that the posttest score is better than the pretest value so the worksheet developed in this study can be said to be effective. Keywords: Contextual LKS, Natural Sciences, ADDIE.


Full Text:

PDF

References


Andi, P. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode

Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta : Diva Press

Ahmad, S. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia

Group

Abdul, M. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya

Asih, W, dkk. 2017. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : Pt Bumi Aksara

Donni, P. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung : Cv Pustaka Setia

Dwi, C. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Dek, N. 2013. Pembelajaran Kontekstual Berbantuan LKS dalam Upaya Meningkatkan

Pemahaman Konsep IPA dan Aktivitas Belajar. NTT : Stkip Citra Bakti

Encep, A, dkk. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keaktifan Lokal

Pada Mata Pelajaran IPA. Serang : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Gusti, R, dkk. 2013. Pengembangan Modul IPA dengan Pendekatan Kontekstual untuk Kelas

V Sd Negri 2 Semarapura Tengah. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Cv Pustaka Setia

Kokom, K. 2017. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung : Pt Refika

Aditama

Martinis, Y. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta : Gp Press Group

Made, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Pt Bumi Aksara

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Usman, S. 2018. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : Pt Indeks




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2931

Article Metrics

Abstract - 957 PDF - 1363

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2931.g1795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats