METODE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Achmad Reza Eka Putra, Sa'odah Sa'odah, Asih Rosnaningsih

Abstract


Penelitian ini adalah untuk menentukan perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ilmu sosial tentang komunikasi, transportasi dan teknologi produksi antara siswa yang diberi metode pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) dan siswa yang diberikan pengajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metodologi quasi eksperimental. Populasi subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Perigi 04 yang terdiri dari 50 siswa kelas VA yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang terdiri dari 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen hasil pembelajaran pada tes kemampuan ilmu sosial berupa esai yang terdiri dari 15 soal yang valid dan realible. Untuk menguji hipotesis uji t pretest yang digunakan dalam penelitian ini, dari hasil uji t diperoleh t hitung = 2,5 dan t tabel = 2,02, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen pretest. Sedangkan untuk menguji hipotesis posttest dari uji t diperoleh t hitung = 31,9 dan t tabel = 2,02, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata kelas kontrol posttest dan kelas eksperimen. Ini berarti bahwa hasil belajar IPS menggunakan metode pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran konvensional

Full Text:

PDF

References


Ananda (2015). Studi Deskriptif Mengenai Pemanfaatan Teknologi Informasi pada SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 4 Surabaya.

Andriansyah (2015). Manajemen Transportasi Dalam Kajian Teori. Jakarta: Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Basrowi (2014). Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia

Bungin (2013). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Depdiknas (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Mata Pelajaran Sains. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Erwinsyah (2015). Pemahaman Mengenai Teknologi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 13.

Fajar, A. (2009). Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ginting (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Padi dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Keluarga Petani. Jurnal Ilmiah Pendidikan Tinggi, 4.

Hariyanto & Warsono (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hidayat, K. (2009). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarya: Pustaka Insan Madani.

Kurniasi & Poerwono (2008). Analisis Efisiensi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Industri Kecil Kabupaten Kendal, 7.

Kustawan, D. (2016). Analisis Hasil Belajar Program Perbaikan dan Pengayaan Peserta didik Berkebutuhan Khusus. Jakarta Timur: Luxima Metro Media.

Murni, A., Yusra, N., & Solfitri, T (2010). Penerapan Metode Belajar Aktif Tipe Group to Group Exchange (GGE) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X IPS 1 MAN 2 Model Pekan Baru. Pekanbaru: Universitas Riau

Purwanto (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sahid, A. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Group To Group Exchange Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Motivasi Berprestasi Berbeda Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Sardjiyo, dkk (2011). Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Sarlito (2012). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Silberman (2006). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia

Silondae, Muthalib & Ernawati (2016). Keterkaitan Jalur Transportasi dan Interaksi Ekonomi Kabupaten Konawe Utara dengan Kabupaten/Kota Sekitarnya. Jurnal Progres Ekonomi, 51.

Trianto (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wijayanto, R (2014). Penggunaan Metode Group To Group Exchange (GGE) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Sikap Peduli Sosial Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Pengasih. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3888

Article Metrics

Abstract - 666 PDF - 512

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3888.g2093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats