PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Siti Yuliyanti, Yayah Huliatunisa, Suparta Rasyid, Yohamintin Yohamintin, Irawati Sabban

Abstract


Berdasarkan data sebanyak 53,84% siswa kelas IV di SDN Cikuya III Kabupaten Tangerang mendapat nilai matematika dibawah KKM (70), kesulitan ketika diberikan soal hitungan matematika terutama bangun datar, belum terbiasa berpikir kreatif matematis, kesulitan dalam pemahaman konsep, serta guru menggunakan model pembelajaran ceramah menjadi latar belakang penelitian ini. Dampaknya siswa malas, sangat pasif, tidak tertarik sampai malas mengulang kembali pelajaran dirumah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat berpikir kreatif matematis siswa setelah mendapat perlakuan antara model pembelajaran Problem Posing dan Problem Based Learning pada pemelajaran matematika materi bagun datar. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen jenis true experimental design. Jumlah populasi dan sampel menggunakan total sampling yakni 52 siswa kelas IV A (29) sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan Problem Posing, dan B (23) sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, serta statistic deskriptif dan statistic inferensial sebagai teknik analisis data. Kesimpulan diperoleh, Problem Posing yang diterapkan di kelas IV A memiliki nilai lebih tinggi dari nilai sebelum diberikan Problem Posing. Problem Based Learning yang diterapkan pada kelas IV B memiliki nilai lebih tinggi dari nilai sebelum diberikan Problem Based Learning dengan nilai postest. Sehingga model pembelajaran Problem Based Learning dianggap layak meningkatkan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar.


Full Text:

PDF

References


Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95–107.

Ahmadi, I. K., & Amri, S. (2014). Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik integratif. In Jakarta: Prestasi Pustaka. Prestasi Pustaka.

Ali Hamzah, M. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. In Jakarta: Raja Grafindo Persada. Raja Grafindo Persada.

Arends. R. I. (2012). Learningtoteach(9thed). McGrawHillCompanies.

Astuti, W. P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas 4. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2).

Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Karakter Kreatif dan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, 1.

Duch, B. J., Groh, S. E., & Allen, D. E. (2001). The Power of Problem-Based Learning: a Practical" how to" for Teaching Undergraduate Courses in any Discipline. Stylus Publishing, LLC.

English, L. D. (1995). Mathematics Education: Models and Processeso. Marwah: Lawrence Erlbaum Associatesm, Inc.

Heruman. (2014). Model Pembelajaran Matematika. PT Remaja Rosdakarya.

Huliatunisa, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penggunaan Teknik Akrostik Pada Pembelajaran Tematik. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 121–133.

Huliatunisa, Y., Wibisana, E., & Hariyani, L. (2020). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Elementary Education, 1(1).

Husen, D. N. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. BIOEDUKASI, 3(2). http://ejournal.unkhair.ac.id/Index.Php/Bioedu/Article/Download/109/83

Istiqomah, J. Y. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670–681.

Kilic, C. (2013). Turkish Primary School Teachers’ Opinions about Problem Posing Applications: Students, the Mathematics Curriculum and Mathematics Textbooks. Australian Journal of Teacher Education, 38(5), 144–155.

Lavy, I., & Shriki, A. (2007). Problem Posing as a Means for Developing Mathematical Knowledge of Prospective Teachers. Proceedings of the 31st Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 3, 129–136.

Mairing, J. P. (2018). Pemecahan Masalah Matematika, Cara Siswa Memperoleh Jalan untuk Berpikir Kreatif dan Sikap Positif. Bandung: Alfabeta.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miftahul, H. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 49.

Munandar, U. (2020). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. PT Gramedia.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran (Aswaja Pre).

Rozak, A. (2014). Membaca Sastra Dalam Kurikulum 2013. In Repository FKIP Unswagati.

Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prisma, 6(1), 1–8.

Silver, E. A. (1994). On Mathematical Problem Posing. For the Learning of Mathematics, 14(1), 19–28.

Sintawati, M. (2015). Keefektifan Problem-Based Learning Dan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 225–232.

Siswono, T. Y. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. In Rineka cipta.

Soeviatulfitri, S., & Kashardi, K. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Osborn di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(3), 35–43.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Sukmadinata, N. S. (2019). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Sun, P. K. (2011). Menikmati Belajar Secara Kreatif. In Yogyakarta: Samudra Biru. Samudra Biru Yogyakarta.

Suryosubroto, B. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah Wawasan Baru: Beberapa Metode Pendukung dan Beberapa Komponen Layanan Khusus. PT Rineka Cipta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana prenada media group.

Tan, W., & Simpson, K. (2008). Overseas Educational Experience of Chinese Students: An Evaluation of Service Quality Experience in New Zealand. Journal of Research in International Education, 7(1), 93–112.

Wulandari, W. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas 4. Jurnal Sekolah Dasar, 5(1), 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.4566

Article Metrics

Abstract - 1445 PDF - 672

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i2.4566.g2607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats