PENGEMBANGAN MEDIA ROULETTE BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV DI SDN PETIR 4 KOTA TANGERANG

Sunardin Sunardin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media Roulette yang layak digunakan untuk mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Petir 4 Kota Tangerang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Impelemtation), dan evaluasi (Evalution). Evaluasi dilakukan oleh: (1) ahli media; (2) ahli materi; (3) ahli praktisi; (4) respon peserta didik. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Petir 4 Kota Tangerang. Teknik pengumpulan data: (1) wawancara; (2) observasi; (3) angket. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil validasi ahli media menunjukkan media Roulette termasuk kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata skor 3,33, dan hasil validasi ahli materi menunjukkan media Roulette termasuk kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata skor 3,46. dari kedua ahli tersebut menunjukkan media Roulette termasuk kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata skor 3,40. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa media Roulette memiliki kriteria “Sangat Baik” dengan rata- rata skor 3,29. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka media pembelajaran Roulette berbasis saintifik layak digunakan dalam mata pelajaran IPS siswa kelas IV di SDN Petir 4 Kota Tangerang.

Full Text:

PDF

References


Andoko, P. A. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Media Roulette Pada Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis Materi Modal Usaha Kelas X Pemasaran 2 SMK Neger 2 Kediri. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, Vol. 06(No. 04), 175-

Anggara, D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan . Pamulang: Latidima Press.

Daryanto, & Karim, S. (2017).

Pembelajaran Abad 21.

Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Hamzah, Utami, L., & Zulkarnain. (2019).

Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Hasil Kajian, Vol. 5(No. 2), 77-81.

Purwaningsih, Y. U. (2014). Efektifitas Pembelajaran Biologi dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Media Wheel Concerned. Jurnal BIOEDUKATIKA, Vol. 2(No. 2), 38-41.

Musfiqon, & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Sani, R. (2017). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, E. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v4i1.6088

Article Metrics

Abstract - 483 PDF - 430

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v4i1.6088.g3337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats