PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA

Yadi Heryadi

Abstract


 

Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran SD Negeri 2 Ciparasi, sehingga aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan observasi diketahui bahwa aktivitas peserta didik yang pasif dalam mengikuti proses pembelajaran dan kurangnya variasi guru dalam menggunakan metode mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa siswa kelas V SDN 2 Ciparasi pada pembelajaran Tema 1 Subtema 1 dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Division). Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahappelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 2 Ciparasi dengan jumlah 15 peserta didik terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 5 siswi perempuan, pada pembelajaran tema 1 subtema 1 tahun pelajaran 2021/2022 dengan menggunakan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.



Full Text:

PDF

References


Susanto, Ahmad, 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. 13 April 2021 17:24 WIB

Sutiah, 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Siduarjo: Nizamia Learning Center

Suratno, 2013. Pengaruh penerapan metode STAD terhadap hasil belajar ekonomi ditinjau dari minat siswa di SMAN 10 Batanghari. Vol.8 (Hal.111-122). Jambi: Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi

Susanto, Ahmad, 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group Tranggono, Agus , dkk. 2007. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: PT. Bumi Aksara Wiriaatmadja, Rochiati, 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja rosdakarya offset

Yulaelawati, Ella, 2007. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Pakar Raya




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v4i1.6496

Article Metrics

Abstract - 428 PDF - 231

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v4i1.6496.g3338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats