ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA CAR, ROA, NIM, BOPO DAN LDR PERBANKAN SYARIAH DENGAN PERBANKAN KONVENSIONAL

Sustari Alamsyah, Sheily Dwi Meylida

Abstract


Tujuan penelitian membandingkan kinerja keuangan perbankan syariah dengan perbankan konvensional. Kinerja keuangan yang digunakan yaitu rasio CAR, ROA, NIM, BOPO dan LDR. Desain penelitian bersifat deskriptif kuantitatif dengan unit analisisnya rasio keuangan. Populasi yang digunakan yaitu perbankan syari’ah dan konvensional terdaftar di Bank Indonesia. Metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dan diperoleh 4 bank syariah dan 4 bank konvensional. Teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan untuk menjawab hipotesis yang diajukan menggunakan Independent sample t-test. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan kinerja keuangan bank syariah dan bank konvensional dengan menggunakan rasio ROA, NIM, dan BOPO. Sedangkan rasio CAR dan LDR tidak memiliki perbedaan. Ditinjau dari rasio keuangan, kinerja perbankan konvensional lebih baik jika dibandingkan dengan kinerja keuangan perbankan syari’ah. Implikasi penelitian membuktikan bahwa perbankan konvensional lebih diminati oleh masrakat jika dibandingkan dengan perbankan syari’ah,hal ini dapat dilihat dari nilai pembiayaan dan transaksi keuangan yang lebih didominasi oleh bank konvensional.


Keywords


CAR; ROA; NIM; BOPO; LDR

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Sustari. 2017. Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposite Ratio (LDR), Return On Asset (ROA) dan Net Interest Margin (NIM) Terhadap Pertumbuhan Laba. Jurnal Competitive, Vol 2, Issue 1, Hal 32-54.

Angraini, 2012. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah dengan Perbankan Konvensional. Fakultas Ekonomi Universitas Hasanudin.

Angel, Christania Graciella dan Rudy J.Pusung, 2014. Analisis Perbandingan Kinerja pada Bank Nasional dan Bank Asing Dengan Menggunakan Analisis Rasio Keuangan. Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi.

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2014. Bank Syariah: Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Ardyana, Vynna. 2017. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan pada Bank Syariah dan Bank Konvensional. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arianto, D. 2016. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Konvensional Dan Bank Syari’ah Periode 2010-2014. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana., Vol 15, No 1.

https://www.cnbcindonesia.com/market/20210120194700-17-217559/putusan-ptun-tak-berdampak-terhadap-transformasi-bukopin

Damayanti, Ria Tuzi. 2013. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah dan Bank Konvensional. Fakultas Ekonomi Institut Pertanian Bogor.

Faqihuddin, Ahmad Nur. 2011. Analisis Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah dan Bank Konvensional yang Memiliki Unit Usaha Syariah. Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanafi, Mamduh M,. Dan Abdul Halim. 2009. Analisis Laporan Keuangan (Edisi Keempat). Cetakan ke 2. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Hery. 2017. Cara Cepat dan Mudah Memahami Pengantar Manajemen. Yogyakarta : Gava Media.

Kasman, A., & Carvallo, O. (2013). Efficiency and risk in Latin American Banking: Explaining Resilience. Emerging Markets Finance and Trade, 49(2).

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan (Edisi Kesatu). Cetakan ke 1. Jakarta : KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Kasmir. 2011. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pandia, Frianto. 2012. Manajemen Dana Dan Kesehatan Bank. Jakarta: Rineka Cipta

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga

Sovia, Sasa Elida. Muhammad Saifi dan Achmad Husaini, 2016. Analisis Kinerja Keuangan Bank Konvensional dan Bank Syariah berdasarkan Rasio Keuangan Bank. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Susanto, Joko. 2015. Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Loan, Loan to Deposit Ratio, Return On Asset, Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasinal dan Total Asset Turnover Terhadap Perubahan Laba. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi. (Vol. 11 No. 2 September: 226 -233)

Tara, M Amrullah Reza Putra. 2014. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Menggunakan Pendekan Laba Rugi (Income Statement) dan Nilai Tambah (Value Added Statement). Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/bvaj.v4i2.4078

Article Metrics

Abstract - 1294 PDF - 733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini telah terindeks dalam:


googleGaruda crossref dimention


 

 

Balance Vocation Accounting Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View BVAJ Stats