Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Celemek Cerita Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TKIT Al Amanah Kecamatan Periuk Kota Tangerang

Tri Handayani, Ratna Istiarini

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita dengan menggunakan media celemek cerita. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kurang berkembangnya kemampuan bercerita (1) Kemampuan anak dalam bercerita masih belum optimal (2) Anak masih kesulitan dalam menyusun sebuah kalimat (3) Anak belum dapat mengulang kosa kata baru yang ada dalam cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan media celemek cerita. Model pembekajaran yang digunakan adalah studi tentang PTK yang terdiri dari 3 siklus. Pada setiap siklus dilakukan dalam 3 pertemuan dan menggunakan 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah non tes dengan 3 tehnik yaitu Observasi, dokumentasi, catatan lapangan. Hasil penelitian pada kemampuan bercerita siklus I, II, III mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 61.5% pada siklus II sebesar 79.9% dan pada siklusĀ  III sebesar 94%. Maka dengan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penelitian dengan judul Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Celemek Cerita Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TKIT AL Amanah Kecamatan Periuk Kota Tangerang, dapat diterima.


Keywords


Kemampuan Bercerita, Media Celemek Cerita. Usia 4-5 Tahun

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v9i2.1273

Article Metrics

Abstract - 1656 PDF - 1732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats