Penerapan Kegiatan Sentra Seni pada Pembelajaran di PAUD

Evy Fitria, Titi Rachmi, Angger Prima Widiasih

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari rasa ingin tahu peneliti terhadap sekolah-sekolah yang telah melaksanakan pendekatan pembelajaran berbasis sentra, dimana anak-anak belajar melalui bermain disentra yang sudah di sediakan oleh sekolah, salah satunya yaitu sentra Seni. Peneliti ingin melihat bagaimana penerapan Sentra Seni dan melihat aspek perkembangan apa yang muncul saat anak melakukan Kegiatan di Sentra Seni. Tempat Penelitian ini adalah di RA Al-Muhajirin Kec.Tangerang, Kota Tangerang Metode penelitian ini menggunakan Kualitatif deskriptif dengan Data yang diambil melalui pengamatan/ observasi dan wawancara kepada sumber di lapangan. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan berbagai sumber dan metode yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan Sentra Seni dilakukan melalui 4 Tahapan Pijakan, yaitu Pijakan Penataan Lingkungan Main, Pijakan Sebelum Bermain dan Pijakan Sesudah Bermain. Kegiatan main di Sentra Seni terlihat menggunakan Projek kerja Kelompok namun juga terkadang menggunakan projek kerja mandiri. Saat anak-anakĀ  Melakukan Kegiatan di Sentra Seni Terlihat Aspek perkembangan yang Dominan muncul adalah:bahasa anak,Kognitif, seni, Sosial emosional anak serta Kemandirian anak


Keywords


Sentra Seni, Pembelajaran di PAUD

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.2859

Article Metrics

Abstract - 1937 PDF - 906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats