Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi dalam Memperoleh Sertifikasi Profesional Akuntansi di Indonesia (Chartered Accountant) (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Semester Akhir pada Universitas dengan Prodi Akuntansi Berakreditasi A dan B yang berlokasi di Jakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor motivasi karir, motivasi sosial, dan motivasi ekonomi yang mempengaruhi minat mahasiswa prodi akuntansi berakreditasi A dan B dalam mengikuti ujian sertifikasi Chartered Accountant (CA) di Indonesia. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan responden berasal dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di Jakarta yang memiliki prodi akuntansi berakreditasi A dan B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor motivasi karir, motivasi sosial, dan motivasi ekonomi berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa prodi akuntansi berakreditasi A dan B dalam mengikuti ujian sertifikasi Chartered Accountant (CA) di Indonesia. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa tidak ada perbedaan hasil yang signifikan antara responden yang berasal dari prodi yang berakreditasi A maupun yang berakreditasi B.
Kata kunci: Chartered Accountant, Motivasi Karir, Motivasi Sosial dan Motivasi Ekonomi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andjarwati, Tri. (2015). Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. Surabaya: JMM17 Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 1(1), 45-54.
Dyastari, N.I.S dan I Ketut Yadnyana. (2016). Pengaruh Minat Mahasiswa Non Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi.Ejurnal Akuntansi Universitas Udayana.Vol.16.1.
Fahriani, D. (2012). Pengaruh motivasi terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk). Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi 1(12):1–22.
Gulo. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0.Semarang: Badan Penerbit- Undip.
Hartono, Jogiyanto. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman. BPFE. Yogyakarta.
Kusumastuti, Rita dan Indarto (2013). Pengaruh Motivasi Dan Pengetahuan Uu No.5 Tahun 2011 Tentang Akuntan Publik Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak). Yogyakarta: Jurnal Nominal Universitas Negeri Yogyakarta.
Minan, K. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). STIE Harapan Medan.
Meitiyah, A. (2014). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Sarjana Akuntansi Untuk Mendaftar Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Universitas Hasanudin.
Owusu, Godfred Matthew Yaw., Victoria Asantewaa Obeng Charles
Gyamfi Ofori and Teddy Ossei Kwakye. (2018). What explains student’s intentions to pursue a certified professional accountancy qualification. Meditari Accountancy Research, 26(2), pp. 284-304.
Puspitarini, D dan Kusumawati, F. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk). Jurnal Investasi 7(1):46–63.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/competitive.v5i2.4248