ANALISIS PEMBAYARAN PREMI PADA ASURANSI SYARIAH

Sri Wahyuni Endang, Wirman Wirman

Abstract


Penelitian ini ditujukan guna mengetaui dan melakukan analisa model serta cara perhitungan tarif pada premi asuransi syariah, dimana asuransi syariah merupakan suatu lembaga  yang membentuk suatu usaha yang bermaksud saling bergotong royong dan saling membahu antar peserta asuransi syariah berupa perhimpunan dana tabarru untuk melakukan penjaminan akan suatu resiko yang akan terjadi secara tidak terduga dengan adanya suatu kesepakatan sesuai dengan syariah. Masyarakat mulai memperhitungkan produk asuransi syariah ini khususnya masyarakat muslim guna melindungi diri atau melakukan proteksi baik terhadap dirinya sendiri, keluarga, aset, hingga bisnis yang sedang dijalankan. Salah satu alasan memperhitungkan produk asuransi syariah ini dikarenakan adanya pemenuhan kebutuhan banyak orang yang berharap adanya suatu produk asuransi halal dan dibuatkan dalam konsep syariah. Konsep asuransi syariah ini terbagi menjadi dua alur yaitu produk dengan tabungan dan produk non tabungan dimana produk dengan tabungan lebih sesuai diimplementasikan ke pangsa pasar individu dan produk non tabungan cocok diguakan bagi suatu badan usaha atau perusahaan. Riset ini mempergunakan deskriptif kualitatif.


References


Abbas, D. S., & Hidayat, I. (2021). Growth Profit In Islamic Commercial Banks Registered In The Indonesia Financial Services Authority With The Camel Ratio. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman, 9(1), 18-30.

Al Arif, M.N.R. 2012. Lembaga Keuangan Syariah: Kajian Teoritis Praktis.Bandung: Pustaka Setia.

Anshori, A.G. 2008. Asuransi Syariah di Indonesia. Yogyakarta: UII Press

Dewi, G. 2007. Aspek-aspek Hukum dalam Perbankan dan Perasuransian Syariah di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Mulyapradana, A., Sundah, D. I. E., Satriawan, D. G., Abbas, D. S., Yusdita, E. E., Adawiyah, E. R., ... & Arifin, Z. (2021). Bisnis & Kewirausahaan di Era Digital: Peluang, Transformasi, dan Dinamika. GCAINDO.

Muniarty, Puji, et al. MANAJEMEN PERBANKAN. Widina Bhakti Persada Bandung, 2020.

Sri, D., Abbas, D. S., Wicaksono, G., Waoma, S., Hanifah, U., & Triyani, Y. (2020). Pengantar Akuntansi: Prinsip Dasar dan Aplikasi. GCAINDO.

Suma, M.A. 2006. Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional: Teori,Sistem, Aplikasi dan Pemasaran. Jakarta: Kholam Publishing

Suma, M.A. 2006. Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional: Teori,Sistem, Aplikasi dan Pemasaran. Jakarta: Kholam Publishing.

Sundah, D. I. E., Satriawan, D. G., Sri, D., Abbas, D. S., Adam, H., Soebandrija, K. E. N., ... & Mialasmaya, S. (2020). Manajemen Keuangan dan Bisnis: Prinsip Dasar, Strategi dan Operasionalisasi. GCAINDO.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/competitive.v6i1.4368

Article Metrics

Abstract - 1338 PDF (Bahasa Indonesia) - 1805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.