Pengaruh Current Ratio, Account Receivable Turnover, Inventory Turnover, Total Asset Turnover dan Debt To Equity terhadap Return on Asset (Pada Perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2011-2014)

Dirvi Surya Abbas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari beberapa faktor yang mempengaruhi Return on Asset yang berada diperusahaan berdasarkan laporan keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kausal atau penelitian yang menyatakan satu variabel mempengaruhi variabel yang lain. Variabel yang mempengaruhi disebut variabel independen yang dalam penelitian ini yaitu Current Ratio, Account Receivable Turnover, Inventory Turnover, Total Asset Turnover dan Debt To  Equity. Variabel yang terpengaruh disebut variabel dependen dan dalam penelitian ini yaitu Return on Asset.

Metode dalam pengambilan sampel menggunakan metode judgemental atau purposive sampling dan menggunakan Regresi Data Panel sebagai alat uji penelitian dengan mengunakan software Eviews 9.0. Sampel yang digunakanya itu Perusahaan manufaktur sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di BEI 2011-2014. Hasil dari seleksi data dengan menggunakan metode purposive sampling menyatakan bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 perusahaan dan dikarenakan menggunakan rentang waktu penelitian 4 tahun maka jumlah sampel yang ada 24 sampel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Current Ratio dan Total Asset Turnover berpengaruh Positif signifikan terhadap Return on Asset, lalu Account Receivable Turnover dan Debt To  Equity berpengaruh Negatif signifikan terhadap Return on Asset,  dan Inventory Turnover berpengaruh Negatif namun tidak signifikan terhadap Return on Asset




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/competitive.v2i1.465

Article Metrics

Abstract - 2101 PDF (Bahasa Indonesia) - 3189

Refbacks