PEMBERDAYAAN SEKOLAH MELALUI PELATIHAN PENYUSUNAN FLIP CHART DAN FLASH CARD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Somawati Somawati

Abstract


Tujuan pelatihan ini adalah peserta mampu menguasai penggunaan media pembelajaran berbasis Non IT yaitu flip chart dan flash card sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk pelajaran matematika. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode survei, kuliah dan praktis diskusi pemanfaatan dan konsultasi. Untuk mengetahui indikator-indikator prestasi pemanfaatan media pembelajaran flip chart dan flash card  para peserta, dilakukan serangkaian evaluasi pada setiap tahap kegiatan. Dari hasil evaluasi, pemanfaatan media flip chart dan flash card efektif untuk media pembelajaran pada mata pelajaran matematika, dapat dilihat dari antusiasme peserta dalam pelatihan. Mengingat bahwa pelajaran matematika dirasakan oleh peserta dalam hal ini guru cukup terkendala dalam menyampaikan kepada siswa/i sehingga dengan adanya media ini, peserta dapat lebih kreatif dan berinovasi dalam pembuatan materi pembelajaran matematika. Antusiasme dan keaktifan peserta menunjukkan bahwa pemanfaatan penyusunan media pembelajaran berbasis flip chart dan flash card pada pembelajaran matematika sangat diperlukan oleh guru di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Agustina, P. (2017). Persepsi Guru Biologi SMA tentang Media Pembelajaran Materi Kingdom Animalia Senior High Scholl Biology Teacher Perception about Learning Media for the Subject of Animals Kingdom. Proceeding Biology Education Conference.

Agustiningsih. (2015). “Video” sebagai Alternatif Media Pembelajaran dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Pancaran. 4: 55-68.

A’la, Miftahul. (2010). Quantum Teaching (Buku Pintar dan Praktis). Jogjakarta: DIVA Press.

Antari Ayuning Arsi. (2017). Puzzle sebagai Media Pembelajaran Inovatif bagi Guru SD/MI di Kebumen. Jurnal UNNES.

Arsyad, Azhar. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Bakar, Z. (2016). Pemamfaatan Lagu Sebagai Implementasi Model Pakem Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini Dan Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/EH.V3I2.2812.G1837

Gulick, P., & Anderson, O. D. (2009). EST mining for structure and expression of genes in the region of the wheat high-molecular-weight glutenin loci. Genome. https://doi.org/10.1139/G09-046

Hasratudin. (2010). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.1111/j.1460-6984.1995.tb01726.x

Iskania Nurlita, D. N. (2016). Hasil Penerapan Pembelajaran Di Luar Kelas Dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual-Spasial Anak Usia Dini. Antologi Upi.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2016. Media Pembelajaran Manual Dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lanani, K. (2013). Belajar Berkomunikasi dan Komunikasi Untuk Belajar Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal.

Mustamid, & Raharjo, H. (2015). PENGARUH EFEKTIFITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN INVERS. Eduma.

Prasetya, T. I. (2012). Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru IPA SMP N Kota Magelang. Journal of Educational Research and Evaluation. https://doi.org/EISSN: 2502-471X

Pratidina, F. R., Pamelasari, S. D., & Khusniati, M. (2016). Unnes Science Education Journal. Keefektifan Penggunaan Modul Cahaya Berbasis Salingtemas Terhadap Keterampilan Proses Siswa. https://doi.org/10.1016/j.pmrj.2012.08.005

Rosidin, M. (2015). METODE TUTOR SEBAYA DALAM KERJA KELOMPOK DAPAT MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PEMAHAMAN STATISTIKA. EduMa.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

Suhardi. (2012). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.

Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan.

Suwiyono, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Matematika dalam Menggunakan Model-Model Pembelajaran Melalui Bimbingan dan Pelatihan pada Forum MGMP Sekolah Binaan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika. https://doi.org/10.30870/JPPM.V10I2.2035

Toheri, & Siti Nuraisya, I. (2012). PENGARUH PENERAPAN PENILAIAN JENIS PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BE-LAJAR SISWA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kadugede). Eduma.

Umar, W. (2012). MEMBANGUN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Infinity Journal. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2

Uno, H. H. B., Lamatenggo, Nina, Satria, & koni. (2010). Desain Pembelajaran. Desain Pembelajaran. https://doi.org/10.1890/12-0038.1

Yusuf Ahmad, M., Tambak, S., & Constantiani, N. (2017). Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Riau (UIR) Pekanbaru Jl. Kaharuddin Nasution.

https://cecepkustandi.wordpress.com/2016/05/04/media-flash-card/ Tanggal akses 19 Oktober 2018

http://karmilahairani.blogspot.co.id/2014/07/membuat-media-grafis-flipchart.html Tanggal akses 19 Oktober 2018

https://tryfelmasanders201242035.wordpress.com/2014/11/09/alasan-penggunaan-media-dalam-pembelajaran-matematika/ Tanggal akses 18 Oktober 2018

http://www.papanwhiteboard.com/flipchart/flip-chart-pengertian-dan-aplikasi-penggunaan/ Tanggal akses 18 Oktober 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1677

Article Metrics

Abstract - 356 PDF - 333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.