REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

Muhammad Noor Kholid, Arifah Mikawati

Abstract


Representasi matematis siswa perlu dilibatkan dalam memecahkan masalah matematis. Tetapi, belum ada penelitian yang mengungkap representasi matematis siswa di MTs Negeri 2 Surakarta dalam memecahkan soal pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dengan kemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan soal pada pokok bahasan SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-B di MTs Negeri 2 Surakarta yang berjumlah 3 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah tes, wawancara, rekaman video, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada karakter representasi siswa dengan kemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah. Perbedaan pertama yakni dari segi kelengkapan indikator representasi matematis yang dilakukan siswa. Siswa dengan kemampuan matematis tinggi dan sedang memenuhi semua indikator dari representasi matematis, sedangkan siswa dengan kemampuan matematis rendah belum memenuhi semua indikator dari representasi matematis. Perbedaan kedua yaitu dari solusi pemecahan masalah matematis siswa. Siswa dengan kemampuan matematis tinggi dapat memecahkan masalah matematis dengan tepat sesuai dengan solusi matematis yang telah disusun oleh peneliti. Sedangkan Siswa dengan kemampuan matematis sedang dan rendah belum memecahkan masalah matematis dengan tepat.


Full Text:

PDF

References


Darwati, Yuli. (2009). Adaptive Help Seeking Panduan Bagi Guru Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Yogyakarta: Logung Pustaka.

Jumali, M., Surtikanti, Aly, SA.T., & Sundari. (2008). Landasan Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Sriyanto. (2007). Strategi Sukses Menguasai Matematika. Yogyakarta: Indonesia Cerdas.

Suradi. (2007). Profil Gaya Berfikir Siswa SMP dalam Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 067. Juli 2007. Hlm. 532-544.

Suryana, Andri. (2012). Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (Advanced

Mathematical Thinking) dalam Mata Kuliah Statistika Matematika 1. Hal. 40.

Syafri, Fatrima Santri. (2017). Kemampuan Representasi Matematis dan Masalah Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath, Volume 3 (1), Januari 2017, hlm. 49-55.

Warsita, Bambang. (2011). Pendidikan Jarak Jauh. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zhe, Liu. (2012). Survey of Primary Students’ Mathematical Represen-tation Status And Study on the Teaching Model of Mathematical Representation. Vol. 5, No. 1, pp. 63-76. South China: Normal University at Guangdong.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1678

Article Metrics

Abstract - 366 PDF - 300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.