PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA RUANG BANGUN DENGAN ANDROID

Ade Lukman Nulhakim, Arif Susanto, Ahmad Husain

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya sikap disposisi matematis siswa pada materi bangun ruang dan pembelajaran yang mengedepankan hitungan di bandingkan penanaman konsep, manfaat dan kegunaan matematisnya. Mempelajari materi bangun ruang oleh sebagian siswa dianggap sebagai bagian rangkaian teori matematika semata yang mengedepankan konsep abstak suatu benda tanpa mengetahui manfaat mempelajarinya dalam kehidupan, sebagian siswa menganggap mempelajari matematika terutama bangun ruang merupakan bagian dari rangkaian pelajaran untuk mendapat nilai semata agar lulus dari ujian. Ironisnya ada beberapa siswa yang masih bingung memahami rusuk dan sisi/bidang. Disposisi matematis ialah kemampuan afektif siswa untuk menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, rasa ingin tahu, perhatian, dan minat yang tinggi dalam mempelajari matematika serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat pengembangkan bahan ajar interkatif berbasis problem solving, bagaimana pencapaian akhir disposisi matematis siswa setelah penggunaan produk, serta bagaimana peningkatan disposisi matematis siswa setelah penggunaan produk. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Uswatun Hasanah Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan Pengembangan (R&D).


Full Text:

PDF

References


Mendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Kemendikbud. tersedia pada: http://www.slideshare.net/diyanaalfurqon/konsep-pendekatan-scientific-rev-final [1 April 2014]

Ruseffendi. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Slamet Kurniawan, Hafidz. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun ruang sisi datar berdasarkan pemahaman konsep pada kelas VIII. Diakses dari: http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=2ahUKEwj1l8rQtb3gAhUST48KHWMnA70QFjABegQICBAC&url=http%3A%2F%2Feprints.ums.ac.id%2F66344%2F12%2FNASKAH%2520PUBLIKASI.pdf&usg=AOvVaw3YJu1lxnui6bCQU-4VtUti

Prasetyo, K, Zuhdan. (2012). Research and Development Pengembangan Berbasis Penelitian. Diakses dari: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/lain-lain/zuhdan-kun-prasetyo-med-dr-prof/KULIAH%20UMUM%20Research%20and%20Development.pdf.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1680

Article Metrics

Abstract - 619 PDF - 618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.