ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA

Muhamad Hanafi, Kathrin Nur Wulandari, Ni'mah Ni'mah

Abstract


Kemampuan berpikir matematis menjadi modal dasar dalam konteks pembelajaran yang bermakna saat ini. Kemampuan berpikir yang diupayakan dalam pembelajaran matematika saat ini yaitu kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi (high order thinking skills). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi kemampuan awal matematis siswa terhadap penyelesaian soal-soal high order thinking pada materi pola bilangan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon siswa dalam menyelesaikan soal-soal high order thinking. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 1 Kota Tangerang tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling purposive. Subjek penelitian ini berjumlah 18 yang terdiri dari 13 siswa berkemampuan awal matematis rendah, 3 siswa berkemampuan awal matematis sedang, dan 2 siswa berkemampuan awal matematis tinggi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMPN 1 Tangerang pada kelas VIII A secara umum sebesar 44,9 % (cukup).


Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, N., & Rahaju, E. B. (2008). Proses Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Materi Aljabar Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. ICTS, 137-145.

Brookhart, S. M. (2010). How To Asses Higher-Order Thinking Skills In Your Clasroom. Alexandria, Virginia USA: ASCD.

Caillies, S., & Denhiere, G. (2002). The effect of prior knowledge on understanding from text: Evidence from primed recognition. European Journal Of Cognitive Psychology, 267–286.

Dahlan, J. A., Rohayati, A., & Karso. (2012). Implementasi Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Dalam Upaya Meningkatkan High Order Mathematical Thinking Siswa. Jurnal Pendidikan, 65-76.

Edi, F. R. (2016). Teori Wawancara Psikodiagnostik. Yogyakarta: leutikaprio.

Ina V.S. Mullis, M. O. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston.

Kemendikbud. (2018, 5 3). Retrieved from Hardiknas 2018: Pendidikan Indonesia Butuh Penguatan High order thinking skills: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/05/hardiknas-2018-pendidikan-indonesia-butuh-penguatan-high-order-thinking-skills

Kendeo, P., & Broek, P. V. (2007). The Effect of Prior Knowledge and Text Structure on Comprehension Processes During Reading of Scientific Texts. Memory & Cognition Psychonomic Society, Inc, 1567-1577.

Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom's Taxonomy: An Overview. Theory Into Practice College of Education, The Ohio State University, 212-264

Purbaningrum, K. A. (2017). Berpikir Tingkat Rendah Menuju Berpikir Tingkat Tinggi. Prima, 61-76.

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. JPPM, 40-49.

Reigeluth, C. M. (1983). Meaningfulness And Instruction: Relating What Is. InSlrUClionalScience, 197-217.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Thompson, R. A., & Zamboanga, B. L. (2004). Academic Aptitude and Prior Knowledge as Predictors of Student Achievement in Introduction to Psychology. Journal of Educational Psychology, 778-784.

Thompson, T. (2008). Mathematics Teachers Interpretation Of Higher-Order Thinking In Bloom’s Taxonomy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 96-109.

Thompson, T. (2014). An Analysis of Higher-Order Thinking on Algebra I End-of Course Tests. Department of Mathematics, Science, and Instructional Technology Education, 1-36.

Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal High order thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Wikipedia. (2017, 11 24). Retrieved from SMPN 1 Tangerang: https://id.wikipedia.org/wiki/SMP_Negeri_1_Tangerang

Zakkina, G., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High order thinking Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Mosharafa, 255-266.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1681

Article Metrics

Abstract - 3547 PDF - 2939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.