ANALISIS PERMASALAHAN PESERTA DIDIK TERKAIT PEMAHAMAN PADA MATERI PROGRAM LINIER SERTA ALTERNATIF SOLUSINYA

Muhammad Ridwan, Irwan Nurhakim, Sulistiawati Sulistiawati

Abstract


Penelitian ini didasari oleh masih dijumpainya masalah-masalah dalam pembelajaran matermatika ditinjau dari peserta didiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh (1) Gambaran permasalahan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran matematika pada materi program linear; (2) Alternatif solusi yang dapat diterapkan. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes kepada peserta didik kelas XI IPS3 SMA Negeri 22 Kabupaten Tangerang sebanyak 28 orang. Tes diberikan pada bulan Oktober 2018. Teknik analisis data dilakukan secara analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik masih kurang pemamahannya terhadap materi program linear. Hal ini terlihat dari masih banyaknya soal yang tidak dikerjakan oleh peserta didik, dalam indikator merumuskan model matematika dari permasalahan program linear  dan mendeskripsikan bentuk umum sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Hasil penelitian kedua adalah alternatif solusi yang diterapkan peserta didik membutuhkan pembelajaran yang inovatif yakni pembelajaran berpusat kepada peserta didik (student centered) serta media pembelajaran yang mendukung peserta didik dalam belajar.


Full Text:

PDF

References


Anas Sudjono. (2011). Pengatar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers

Indiyani, Novita. E dan Listiara, Anita. (2006). Efektivitas Metode Pembelajaran Gotong Royong (Cooperative Learning) Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Pelajaran Matematika (Suatu Studi Eksperimental Pada Siswa Di Smp 26 Semarang). Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, Vol.3 No. 1

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Tersedia di http://www.kbbi.web.id diakses pada tanggal 5 april 2019

Kurikulum 2004

Retnaningsih, Wahyu.S, Maasawet, Elsje.T, dan Boleng, Didimus.T (2017). Analisis Permasalahan Guru Dan Siswa Terkait Perangkat Pembelajaran Ipa Biologi Berbasis Inquiry Dan Keterampilan Penulisan Laporan Ilmiah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol: 2. Hal: 531—534.

Surgandini, Arumella dan Sulistiawati. (2018). Peningkatan Kamampuan Pemahaman Materi Berdasarkan Kesulitan Belajar Mahasiswa Papua pada Perkuliahan Aljabar Liner dan Penumbuhan Karakter Percaya Diri. Jurnal Matematika Kreatif-inovatif Kreano, 9 (2)(2018): 120-138

Syah, Muhibbin. 2018. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Widiasworo, Erwin. (2017). Masalah-Masalah Peserta Didik dalam Kelas dan Solusinya. Yogyakarta: Araska Publisher




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1683

Article Metrics

Abstract - 1248 PDF - 791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.