EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DENGAN KOOPERATIF TIPE TAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Muhamad Farhan

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifan kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composision) dengan kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Aziziyah Kapek Gunungsari, Lombok Barat. Pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan analisis data hasil akhir belajar siswa diperoleh nilai rata-rata siswa kelas kooperatif CIRC = 69,152 > nilai rata-rata kelas kooperatif TAI = 62,759. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t yang polled varians dan diperoleh thitung  2,227 > ttabel1,999. Dengan demikian pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, S., S., Efrida Muchlis, E., & Rusdi. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Kelas VII Smp Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 1, No. 1. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/2398

Azwar, S. (2011). Tes prestasi: fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL Dan IBL Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, Dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1 Nomor 2. Diambil dari https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678.

Kumala Dewi, Z., I. (2013). Upaya Meningkatkan Berfikir Kreatif Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai Berdasarkan Teori Beban Kognitif. Cakrawala Pendidikan, Volume 15, Nomor 2. DIambil dari http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id/267/.

Lina Salantina. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Circ Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII B Smp Negeri 3 Kuningan. Jurnal Euclid, Vol.5, No.1. Diambil dari http://dx.doi.org/10.33603/e.v5i1.705

Made Wena. (2011). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Nursakiah. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC. Jurnal Saintifik VOL .3 NO. 2, JULI 2017. Diambil dari https://unsulbar.ac.id/jurnal/saintifik/article/view/150

Rahayu, S., Mardiyana., Sari Saputro, D., R. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dan NHT Pada pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi Ditinjau Dari Adversity Quotient (Aq) Siswa Kelas Viii Smp Negeri Di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol.2, No.3. Diambil dari https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/10394.

Ruyaliningsih. (2017). Pengaruh Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Compotition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol. 02, No. 02. Diambil dari https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2494/1881.

Sulistyaningsih, D., Waluya, S., B., & Kartono. (2012). “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik”. Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER), Volume 1 Nomor 2, November 2012. Diambil dari: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/648.

Sutrisno. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dengan Metode Pemecahan Masalah Berbantuan Lembar Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2. Diambil dari http://dx.doi.org/10.26877/aks.v1i2/Septembe.55.

Suyitno, A. (2005). Mengadopsi Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita. Seminar Nasional F.MIPA UNNES.

Taylor, B., M., & Ysseldyke, J., E. (2007). Effective instruction for struggling readers, K–6. Amsterdam Avenue, New York: Teachers College Press.

Qodariah, dkk, (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Analisa, volume 1 Nomor 1 2013. Diambil dari: http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1688

Article Metrics

Abstract - 427 PDF - 254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.