HUBUNGAN ANTARA KREATIFITAS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Syafa'at Ariful Huda, Rifqoh Qudsiah

Abstract


Dalam penelitian ini, kami meneliti efek kreatifitas yang diarahkan pada hasil belajar matematika. Dari sampel 30 siswa dari 3 kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Kabupaten Tangerang, kami menguji model hipotesis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik korelasi. Data yang diperoleh dianalisis terlebih dahulu dengan uji normalitas memakai uji lilliefors, kemudian uji koefisien korelasi dan uji keberartian koefisien korelasi. Temuan utama adalah sebagai berikut: Temuan menunjukkan bahwa kreatifitas memiliki efek positif pada hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat meningkatkan hasil belajar matematika dengan lebih kreatif pada saat praktikum di laboratorium bengkel otomotif.


Full Text:

PDF

References


Aziz, S. (2010). OPTIMALISASI KREATIFITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KECAKAPAN HIDUP. Tadris, 5(2), 272–291.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. (P. A. Smith, Ed.) (4th ed). Boston: Pearson Education.

Creswell, J. W. (2014). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. (V. Knight, Ed.) (Fourth Edi). California: SAGE Publications, Inc.

Harahap, Dewi Handayani and Syarifah, R. (2015). Studi Kasus Kesulitan Belajar Matematika Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 11, 20–30.

Hartati, S. (2012). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE TEAM QUIS SISWA KELAS IV SD NEGERI PONDOWAN 01.

Hurlock, E. B. (2003). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Jihad, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Luthans, F. (2011). Organizational Behavior an Evidence-Based Approach. (Jane Beck, Ed.) (Twelfth Ed). New York: McGraw-Hill/Irwin.

Robert, Kreitner & Angelo, K. (2009). Organization Behavior key concepts, Skill & Best Practice. New York: McGraw-Hill Education.

Rofiati, A., Syaf, A. H., & Maryono, I. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Belajar Matematika Melalui Metode Demonstrasi Pada Materi Pokok Bangun Datar. Jurnal Analisa. 1(2), 87–96.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia 224–232.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman. (2010). KREATIFITAS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 86–100.

Sukandarrumidi. (2004). Metodologi Penelitian, Petunjuk Praktis Untuk Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Suprijono, A. (2009). Cooperatif Learning. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, A. (2013). Teori dan Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Wiratomo, Yogi And, H. (2015). Metode Model dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Unindra Press.

Woolfolk, A. (2009). Educational Psychology. Boston: Pearson Education.

Yuni, Y. (2010). Perencanaan Pembelajaran Matematika. Jakarta: STKIP Kusumanegara.

Yunita and Sunardi and Dafik. (2013). IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA PENGUASAAN MATERI DALAM UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA/MA PROGRAM IPA TAHUN AJARAN 2009/2010DI KABUPATEN JEMBER BAGIAN UTARA DAN TIMUR. Pancaran Pendidikan, 2(1), 197–208.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1689

Article Metrics

Abstract - 416 PDF - 251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.