ANALISIS HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MAHASISWA PADA MATA KULIAH TRIGONOMETRI

Retno Andriyani, Yenni Yenni

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena Kemampuan matematis mahasiswa tahun pertama pada prodi pendidikan matematika Universitas Muhamadiyah Tangerang sangatlah beragam, hal ini ditunjukan dengan tes yang dilaksanakan penulis pada mata kuliah trigonometri. Tes awal yang dilakukan berupa tes pada materi unsur-unsur segitiga dan Pythagoras. Dari hasil tes tersebut terlihat bahwa hanya 27% mahasiswa yang memahami materi yang telah dipelajari di sekolah. Rendahnya kemampuan dasar mahasiswa ini memicu kesulitan dalam perkuliahan Trigonometri, karena pada materi yang disampaikan menuntut mahasiswa untuk dapat mengkoneksi dan menganalisis dan hal ini merupakan proses dari Higher Order thinking Skills (HOTS). Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Penelitian ini maksudkan untuk memperoleh informasi mengenai kemampuan HOTS mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di prodi pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhamadiyah tangerang pada Mata Kuliah Trigonometri semester ganjil tahun ajaran 2018/2019, dengan mengambil 3 orang mahasiswa yang mewakili kelompok kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Hasil dari penelitian ini adalah tahap berpikirnya adalah comparing 53 %, organizing 67%, Deconstructing 38%, dan Analicity 34%.


Full Text:

PDF

References


As’ari, Abdur., & Ali Muhamad. 2019. Mengembangkan HOTS Melalui Matematika. Universitas Negeri Malang

Brookhart, S.M. 2010. How To Asses Higher Order Thingking Skill In Your Classroom. Alexsandria: ASCD

Kemendikbud. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah

Kemdikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indinesia Nomor 81a, tahun 2013, tentang implementasi Kurikulum: Lampiran I Pedoman penyusunan dan Pengolahan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan.

Kruclik, S., & Rudnick, J.A (1999) Innovative Tasks to Improve Critical dan Creative Thingking Skilss. Dalam Lee V. Stiff & Frances R. Curcio (Editor), Developing mathematical reasoning in grade K-12,1999 yearbool. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Lewy, Zulkardi, & Aisyah, Nyimas. 2009. Pengembangan Soal untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika.3(2): 14-28.

Resnick, L. B (1987). Education and Learning To think. Washington, D.C : National Academy Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1696

Article Metrics

Abstract - 414 PDF - 464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.