PENINGKATAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL UJIAN NASIONAL BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN SOAL HOTS BAGI GURU MATEMATIKA SMP

Sulistiawati Sulistiawati

Abstract


Penelitian ini didasari oleh tuntutan bagi siswa SMP untuk mampu menyelesaikan soal Ujian Nasional (UN) yang berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada beberapa tahun terakhir ini sehingga mengharuskan gurunya untuk mampu meyusun soal UN berorientasi HOTS dan mengajarkannya. Tujuan penelitian ini untuk menyelediki apakah ada peningkatan kemampuan menyelesaikan soal UN bagi guru matematika SMP  setelah mengikuti pelatihan tentang pengembangan soal UN berbasisi HOTS. Penelitian ini dilaksanakan di bulan Desember tahun 2018 kepada 18 orang guru matematika SMP yang berasal dari Kabupaten Bogor sebanyak 10 orang dan dari Kaputen Garut sebanyak 8 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis satu sampel dengan rancangan one group pretest-posttest design. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji peningkatan N-gain menggunakan uji-t dengan asumsi normalitas dipenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan menyelesaikan soal UN bagi guru SMP  setelah mengikuti pelatihan tentang pengembangan soal UN berbasisi HOTS, dengan perolehan skor N-Gain sebesar 0,71.


Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W. & Krathwol, D. R. (Eds). (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Newyork: Addison Wesley Longman.

Depdiknas. (2002). Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skills Melalui Pendekatan Pendidikan Berbasis Luas (Broad Based Education). Jakarta: Depdiknas.

Dikdasmen. (2017). Modul penyusunan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Dirjen Dikdasmen Dikbud Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Indiana University: Department of Physics. Accessed on November, 2011 from: http://www.physics.indiana.edu/~sdi/Analyzingchange-Gain.pdf.

Kemendikbud. (2012). Sertifikasi guru dalam jabatan: Buku 3. Pedoman Penyusunan Portofolio. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Meltzer, D.E (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning Gain in Physics. American Journal of Physics, 70, 1259-1268.

Pogrow, S. (2005). Hots revisited: A thinking development reducing learning gap after grade 3. Phi Delta Kappan, September, 64-75.

Programme for Internasional Student Assessmet. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. Paris: OECD.

Rakib, M., Rombe, A., & Yunus, M. (2016). Pengaruh pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru. Ad’ministrare, 3-2, 137-148.

SEAMEO. http://www.seameo.org/SEAMEOWeb2/

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, CA: John Wiley & Sons.

Wijaya, E.Y., Sudjimat, D.A., dan Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 – Universitas Kanjuruhan Malang, 1, 263-278.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1697

Article Metrics

Abstract - 493 PDF - 517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.