PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH DALAM SETTING MODEL TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEJUJURAN

Mita Rochaya, Abdul Fatah, Isna Rafianti

Abstract


Pembelajaran biasa (konvensional) yang hanya berpusat kepada guru dan siswa hanya sesekali dapat bertanya, mencatat hal yang dianggap penting dari penjelasan guru. Akibatnya, keterampilan berpikir tinggi seperti kemampuan berpikir kreatif matematis dalam pemecahan masalah kurang berkembang. Selain menekankan aspek kognitif, pembelajaran hendaknya juga menekankan aspek afektif siswa dalam pembelajaran. Salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah dalam setting model Treffinger. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis dan kejujuran siswa lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket kejujuran siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pencapaian akhir kemampuan berpikir kreatif matematis dan rata-rata kejujuran siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah dalam setting model Treffinger lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa.


Full Text:

PDF

References


Azhari. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Kontruktivissme. Dapat diakses di: ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/download/992/364

Zubaedi. (2011). Desain pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Mahmudi, A. (2009). Mengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Topik Pecahan. Seminar Nasional, Aljabar, Pengajaran dan Penerapannya. FMIPA UNY.

Pranoto YKS. (2011). Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/download/962/899

Riduwan dan Akdon. (2006). Rumus dan Data Dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta: Bandung.

Suherman, E., dkk. (2003).Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta:Rineka Cipta.

Eprilian, dkk. (2015). Penerapan Treffinger Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian. Dapat diakses: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/8754/5467




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1698

Article Metrics

Abstract - 338 PDF - 323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.