EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO DAN MEDIA LEAFLET TENTANG SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU REMAJA

Atnesia Ajeng, Zuhrotunida Zuhrotunida, Rini Yunita

Abstract


Menurut data GLOBOCAN (IARC) tahun 2012 diketahui bahwa kanker payudara merupakan penyakit kanker dengan persentase kasus baru (setelah dikontrol oleh umur) tertinggi, yaitu sebesar 43,3%, dan persentase kematian (setelah dikontrol oleh umur) akibat kanker payudara sebesar 12,9%. Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) merupakan deteksi dini kanker payudara yang paling mudah dibanding dengan yang lain yaitu pemeriksaan payudara oleh tenaga kesehatan dan pemeriksaan mammografi. Umumnya, kanker payudara terdeteksi pertama kali oleh penderitanya sendiri. Paparan informasi ini sangat penting karena meningkatkan pengetahuan remaja putri mengenai kanker payudara dan bahayanya serta cara-cara untuk melakukan deteksi dini terhadap kanker payudara ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui Efektifitas Media Video Dan Media Leaflet Tentang SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) Terhadap Perubahan Perilaku Remaja. Populasi penelitian adalah remaja SMA se kota tangerang. Teknik pengambilan sampel dengan Random Sampling (Probability Sampling. Uji statistik yang digunakan adalah man-whitney dan independent samples t-test didapatkan hasil Media Video lebih efektif dibandingkan media leaflet meskipun tidak ada perbedaan pengaruh yang bermakna pada pendidikan kesehatan dengan media video dibandingkan media leaflet pada perubahan perilaku remaja tentang sadari.

Kata kunci: SADARI, Media, Video, Leaflet, Perilaku

References


Anitah, S. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta : UNS press

Crawford C, Clay J, Seydel A, Wernberg J. 2016.Surgical Site Infections in Breast Surgery: The Use of Preoperative Antibiotics for Elective, Nonreconstructive Procedures. International Journal Breast Cancer. 2016.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung : Satu Nusa

Depdiknas.2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Diananda R. 2009. Panduan Lengkap Mengenal Kanker. Yogyakarta : Mirza Media Pustaka

Ghartey F, Anyanful A, Eliason S, Adamu SM, Debrah S. 2016. Pattern of Breast Cancer Distribution in Ghana: A Survey to Enhance Early Detection, Diagnosis, and Treatment. International Journal Breast Cancer. 2016.

Infodatin (PUSAT DATA DAN INFORMASI KEMENTERIAN KESEHATAN RI). 2015.Stop Kanker. Diakses dari www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-kanker.pdf

Lufianti, Anita. 2010. Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Perawatan Payudara (Breast Care) Dengan Video Compact Disc (VCD) Dibanding Dengan Phantom Terhadap Pengetahuan Dan Motivasi Belajar (Pada Mahasiswa DIII Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan An-Nur Purwodadi. Universitas Sebelas Maret. M.Kes Thesis

Manuaba, IBG. 2010.Ilmu Kebidanan penyakit kandungan dan KB untuk pendidikan bidan. Jakarta: EGC.

Machfoedz, I dan Suryani, E. 2008. Pendidikan Kesehatan bagian dari Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Fitramaya.

Mardiana I, 2009. Mencegah dan Mengobati kanker pada wanita dengan tanaman obat. Jakarta: Penebar swadaya.

Melina F, Soebiyanto AA , Wujoso H , 2014. Perbedaan Media Pembelajaran (Leaflet Dan Video) Terhadap Keterampilan Sadari Ditinjau Dari Motivasi. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu

Niatialina. 2006. Pemeriksaan Payudara sendiri di SMU Harapan Hamparan Perak. Skipsi.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Oshagh M, Danaei M, Ghahremani Y, Pajuhi N, Boushehri G. 2011. Impact of an educational leaflet on parents knowledge and awareness of childrens orthodontic problems in Shiraz. Eastern Mediterranean Health Journal Vol. 17 No. 2 tahun 2011.

Sarwono, WS. 2008. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Rajawali Grafindo Persada

Syafrudin, Fratidhina Y. 2009. Promosi Kesehatan Untuk Mahasiswa Kebidanan. Jakarta : CV Trans Info media

Varney, Helen. 2007. Buku Ajar Asuhan Kebidanan. Jakarta: EGC.

Wahyuni D, Edison, Harahap W. 2015. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap terhadap Pelaksanaan SADARI pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Jati. Jurnal Kesehatan Andalas volume 4 (1) 2015.

Wantini, N A. 2016. Penyuluhan deteksi dini kanker payudara dengan periksa payudara sendiri di dusun candirejo tegaltirto berbah Sleman. Prosiding Rakernas AIPKEMA 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dinamika.v3i1.1085

Article Metrics

Abstract - 2481 PDF (Bahasa Indonesia) - 1198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Dinamika UMT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View Dinamika UMT Stats