ANALISIS LEAN PEMETAAN ALIR NILAI UNTUK PENGURANGAN BIAYA PADA MANAJEMEN RANTAI PASOK BAHAN BAKU PENGRAJIN TAS UMKM

Hendra Pratama, Tri Widodo

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah terbukti mampu melewati beberapa krisis moneter yang terjadi di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa UMKM merupakan pilar penyangga perekonomian yang cukup penting. Penelitian ini bertujuan untuk memahami Manajemen Rantai Pasok bahan baku pada Industri UMKM Pengrajin Tas di Kabupaten Serang, Propinsi Banten. Sehingga bisa diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi keunggulan kompetitifnya serta potensi penghematan biaya bahan baku dan produksi. Metode analisis yang digunakan adalah menggunakan Lean Value Stream Mapping (VSM) untuk mengidentifikasikan adanya Lean - 7 pemborosan dalam alir proses. Wawancara, pengamatan langsung maupun tidak langsung serta studi literatur selama 6 bulan menjadi dasar kegiatan pengumpulan data dan analisis penelitian. Ditemukan 5 pemborosan dalam alir pasok antara lain kelebihan produksi, menunggu, transportasi, kelebihan persediaan dan kelebihan proses dari komponen. Pemborosan tersebut berpotensi menambah biaya yang tidak perlu sekira 5% dari total biaya bahan baku.

Kata kunci: Manajemen Rantai Pasok, Lean Pemetaan Alir Nilai, Lean 7 Pemborosan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

References


Badan Pusat Statistik (2016). Industri Besar dan Sedang. https://www.bps.go.id/subject/9/industri-besar-dan-sedang.html. Diakses pada tanggal 10 Januari 2018.

Dewi, S. K., & Sartono, T. D. S. D. (2014). Pendekatan Lean Thinking Untuk Pengurangan Waste Pada Proses Produksi Plastik PE. Research Report, Seminar Nasional IENACO.

Efendi, Anas, Machfud, & Sukardi. (2014). Rancang Bangun Sistem Peningkatan Kinerja Rantai Pasok Industri Minyak Atsiri. Jurnal Manajemen Teknologi Vol.13 | No.2 | 2014, DOI: http://dx.doi.org/10.12695/jmt.2014.13.2.2

Hamidin, D., Yunani, A., & Zakiah, A. (2013). Penciptaan Kolaborasi Pada Manajemen Rantai Pasok UKM. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 3(1).

Kaizenworld (2016). Kaizen the foundation of continuous improvement. http://www.kaizenworld.com/kaizen/muda.html. Diakses pada tanggal 10 Januari 2018.

Mobley R., (2013). Best Practices for Using Value Stream Mapping as a Continuous Improvement Tool. http://www.industryweek.com/lean-six-sigma/best-practices-using-value-stream-mapping-continuous-improvement-tool. Diakses pada tanggal 10 Januari 2018.

Pongoh, M. (2016). Analisis Penerapan Manajemen Rantai Pasokan Pabrik Gula Aren Masarang. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akutansi, Vol.4 No.3 September 2016, Hal. 695-704.

Porter, Michael E.. (2008). Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing) : Menciptakan dan mempertahankan kinerja unggul. Tangerang : Karisma Publishing.

Putra, A. R. (2011). Penerapan Simulasi pada Perusahaan Berbasis Lean. Jurnal Teknik Industri, 1(2), 181-188.

Rachman, N. M., Cahyadi, E. R., & Hardjomidjojo, H. (2017). Biaya Transaksi Dan Nilai Tambah Pada Rantai Pasok Daging Sapi Di Kota Bogor. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 14(1).

Sengka, R. R., Taroreh, R. N., & Palandeng, I. D. (2015). Identification Of Information Sharing In Supply Chain Management (Case Of Woven Bamboo Crafts In Tomohon City). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Aknutansi, 3(2).

Shank, J.K., and Govindarajan. (1993). Strategic Cost Management. New York: The Free Press.

Zaroni. (2015). Menciptakan Proses Lean dengan Menggunakan Value Stream Mapping. https://supplychainindonesia.com/new/menciptakan-proses-lean-dengan-menggunakan-value-stream-mapping/. Diakses pada tanggal 10 Januari 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dinamika.v3i1.1087

Article Metrics

Abstract - 241 PDF (Bahasa Indonesia) - 164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Dinamika UMT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View Dinamika UMT Stats