HUBUNGAN METODE PEMBIMBINGAN KLINIK DENGAN KEPUASAN MAHASISWA DIII KEBIDANAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG TAHUN 2015

Zuhrotunida Zuhrotunida, Irawati Irawati

Abstract


Keberhasilan mahasiswa dalam pengalaman praktik klinik dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain : pembimbing klinik, proses bimbingan klinik, metode yang digunakan dalam bimbingan klinik, kelengkapan sarana, serta kerjasama klien dan keluarga (Ekawati, 2008). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui “Hubungan metode pembimbingan klinik dengan kepuasan mahasiswa D-III Kebidanan FIKes Muhammadiyah Tangerang”. Jenis penelitian survei analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 104 responden, tehnik pengambilan sampel total populasi. Pengumpulan data dilakukan secara langsung menggunakan kuesioner. Analisis data dengan univariat dan bivariat (chi square). Hasil penelitian diperoleh sebanyak 59,6% responden puas dengan pembimbingan klinik yang diberikan oleh dosen. Dari hasil kepuasan mahasiswa didapatkan bahwa penggunaan metode pembimbingan klinik dinilai baik 60,6%. Metode observasi baik 56,7%, metode bedside teaching 60,6% dan metode nursing clinic 73,1% serta metode experensial 61,5%. Hasil analisis bivariat di dapatkan bahwa Metode pembimbingan klinik berhubungan dengan kepuasan mahasiswa dengan nilai Pvalue 0,00 dan OR 6,17. Disarankan kepada Program Studi D-III Kebidanan FIKes Muhammadiyah Tangerang agar meningkatkan kepuasan mahasiswa melalui metode pembimbingan klinik yang lebih variatif.

Kata kunci : Kepuasan mahasiswa, metode pembimbingan klinik


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A, Uhbiyati, N. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Ahnan, M. 2007. Kompetensi Bidan Indonesia. Jakarta : Pusdiknakes DEPKES RI. Ariawan, I. 2008. Besar dan Metode Sampel pada Penelitian Kesehatan. Jakarta: Jurusan Biostatistik dan Kependudukan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Azizah & Ropyanto. 2012. Tingkat Kepuasan Bimbingan Klinik Mahasiswa Keperawatan. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. JURNAL NURSING STUDIES, Volume 1, Nomor 1 Tahun 2012, Halaman 219 – 224. Available from : http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jnursing Diakses tanggal 20 Februari 2015.

Ekawati, H. 2008. Hubungan Antara Persepsi Penerapan Metode Bimbingan Klinik dengan Tingkat Kepuasan Mahasiswa dalam Pengalaman Belajar Klinik di RSUD Dr. Soegiri Lamongan. Vol.02, No.XV, Agustus 2013. Available from : www.pasca.uns.ac.id. Diakses tanggal 20 Februari 2015.

Firmansyah, R. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa Kedokteran Terhadap Pelatihan Ketrampilan Klinis di Tahap Sarjana. Laporan Hasil Penelitian Karya Tulis Ilmiah. Program Pendidikan Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang. Available from : http://eprints.undip.ac.id/37756/1/Ridzky_Firmansyah_G2A008155_Lap.KTI.pdf Diakses tanggal 1 Maret 2015.

Hastono, PS. 2007. Analisis Data Kesehatan. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Program S2 Kesehatan Reproduksi, Universitas Respati Indonesia, Jakarta.

IBI. 2012. Standar Nasional Pendidikan Diploma Kebidanan Indonesia. Available from : www.hpeq.dikti.go.id Diakses tanggal 1 Maret 2015.

Kementerian Kesehatan RI. 2011. Kurikulum Inti Pendidikan Diploma III Kebidanan. Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Lubis R. E. 2005. Evaluasi Pencapaian Keterampilan Mahasiswa Akademi Kebidanan Jalur Umum Semester VI terhadap Mata Kuliah Kebidanan Komunitas. (Karya Tulis). Yogyakarta : UGM.

Margono, Gaguk. 2005. Validitas Konstruk Instrumen Pengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa sebagai Pelanggan Internal. Jurnal PTM. Vol. 5. No. 1. 9 – 18.

Muhtar, A. 2002. Kurikulum Program Khusus DIII Kebidanan. Jakarta : Pusdiknakes DEPKES RI.

Muninjaya, A.A.Gde. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : EGC.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurhidayah, RE. 2011. Pendidikan Keperawatan. USU Press : Medan.

Pratiwi, E. 2010. Analisis Kepuasan Mahasiswa Diploma III Keperawatan Terhadap Metode Bimbingan Klinik Di Instalasi Rawat Inap RSD dr. Soebandi Jember Tahun 2010. Bagian Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.

Purwani, F. 2010. Hubungan antara Persepsi Mahasiswa terhadap Pembimbingan Klinik Dan Motivasi Belajar Praktik Klinik di RSUD dr. Moewardi Surakarta. Karya Tulis Ilmiah. Program Studi DIV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Available from : http://eprints.uns.ac.id/10488/1/148241608201010451.pdf Diakses tanggal 1 Maret 2015.

Rangkuti. 2002. Measuring Customer Satisfaction : Gaining Customer Relationship Strategy. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Rosyadi O. 2010. Mentoring Keperawatan. http://kpt.kamparkab.go.id Diakses tanggal 1 Maret 2015

Rozani, A. 2006. Pengaruh Faktor Persepsi Mahasiswa Dalam Pengelolaan Ruang Rawat Inap Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dalam Praktek Klinik Keperawatan Di RSUD Ulin Banjarmasin. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang. Available from : http://eprints.undip.ac.id/16329/1/Akhmad_Rizani.pdf Diakses tanggal 1 Maret 2015.

Sharif & Masoumi. 2005. A Qualitative Study of Nursing Students’ Experience of Clinical Practice. BMC Nursing 2005 4 : 6.

Sukesi, N. 2013. Hubungan Bimbingan Clinical Instructur dengan Kepuasan Mahasiswa Praktik Di RS. Permata Medika Semarang. Prosiding Konferensi Nasional PPNI Jawa Tengah 2013.

Sugiyono. 2008. Statistika untuk penelitian. Jakarta : Alfabeta.

Syafrudin. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan KesehatanUntuk Bidan. Jakarta : TIM.

Srinadi dan Nilakusmawati. 2008. Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Fakultas Sebagai Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di FMIPA, Universitas Udayana). Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3. Available from : http://eprints.uny.ac.id/3328/1/%60.pdf Diakses tanggal 3 Maret 2015.

Tjiptono, F. 2000. Perspektif Manajemen & Pemasaran kontemporer. Yogyakarta : ANDI.

Tjiptono F. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono & Diana. 2009. Total Quality Management. Yogyakarta : ANDI.

Wahyuni, S. 2012. Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Metode OSCA Pada Ujian Akhir Semester di Prodi D III Kebidanan Jurusan Kebidanan Poltekkes Surakarta. Kementerian Kesehatan Politeknik Kesehatan Surakarta Jurusan Kebidanan. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan, Jilid 2, November 2012, hlm. 1-94. Available from : http://www.poltekkessolo.ac.id/attachments/223_ANALISIS%20KEPUASAN%20MAHASISWA%20TERHADAP%20METOD E%20OSCA.pdf Diakses tanggal 2 Maret 2015. Winarsih, S. 2007. Pengaruh Persepsi Mutu Pembelajaran Praktek Laboratorium Kebidanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Program Studi Kebidanan Magelang Poltekkes Semarang Tahun 2007. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang. Available from : http://eprints.undip.ac.id/18332/1/Sri_Winarsih.pdf Diakses tanggal 3 Maret 2015. WHO. 2009. Bimbingan Klinik. Available from : http://www.WHO.or.id Diakses tanggal 20 Februari 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dinamika.v2i2.1436

Article Metrics

Abstract - 521 PDF - 415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Dinamika UMT is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View Dinamika UMT Stats