PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

Rabitha Fazira, Dudung Hadiwijaya

Abstract


Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat analisis pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Universitas Muhammadiyah Tangerang. Methode penelitian yang digunakan adalah methode penelitian Survei. Responden adalah Karyawan pada Universitas Muhammadiyah Tangerang. Type penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research), karena penelitian ini menjelaskan pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan, dengan kontribusi determinasi (R2) sebesar 0,590 atau 59,0%, Dijelaskan oleh variabel lain diluar konsep penelitian dan persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 5,325 + 0,528 X1 + 0,321 X2.

Berdasrkan persamaan regresi diatas maka dapat dijelaskan, Dengan nilai konstanta ( b0) sebesar 5,325, menyatakan bahwa nilai Kinerja Karyawan akan tetap ada sebesar 5,325 walaupun variabel bebasnya Gaya Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi tidak ada (0). Nilai (b1) sebesar 0,528, ini berarti menunjukan ada pengaruh positif dan signifikan variabel Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan sebesar 0,528, jika nilainya positif berarti kalau ada peningkatan sebesar 0,528 maka kinerja karyawanpun akan meningkat sebesar 0,528. Nilai (b2) sebesar 0,321 ini menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan sebesar yaitu sebesar 0,321, jika Budaya Organisasi meningkat sebesar 0,321 maka Kinerja Karyawan juga akan meningkat sebesar yang sama yaitu 0,321 maka Kinerja Karyawan akan meningkat dengan jumlah yang sama.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.