PENGARUH PENYULUHAN TENTANG KANKER SERVIKS TERHADAP MOTIVASI PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT DI PUSKESMAS BULULOE KABUPATEN JENEPONTO TAHUN 2020

Haswinrasari Hasanuddin, Rusniati Rusniati

Abstract


Meningkatnya kasus kanker serviks di Negara Indonesia ini antara lain disebabkan oleh pengetahuan, akses skrining dan pengobatan yang kurang sehingga mayoritas penderita yang datang berobat sudah dalam  kondisi  kritis. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan tentang kanker serviks terhadap motivasi pemeriksaan inspeksi visual asetat (IVA) di Puskesmas Bululoe Kabupaten Jeneponto tahun 2020. Metode penelitian pre eksperimen dengan jenis penelitian menggunakan rancangan one group pre post test yang dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2020. Populasinya adalah seluruh wanita usia subur yang telah menikah berjumlah 146 orang. Sampel berjumlah 31 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan intsrumen penelitian adalah leaflet, Powerpoint dan video. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita usia subur sebelum penyuluhan kanker serviks diperoleh distribusi ada motivasi sebanyak 9 orang (29%), setelah penyuluhan tentang kanker serviks diperoleh distribusi 27 orang (87,1%) yang termotivasi. Dari hasil uji statistik dengan Wilcoxon signed ranks test diperoleh p value sebesar 0,000 a < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat pengaruh penyuluhan kanker serviks terhadap motivasi pemeriksaan inspeksi visual asetat (IVA) di puskesmas Bululoe. Diharapkan WUS meningkatkan tindakan preventif terjadinya kanker serviks secara dini dengan cara meningkatkan pengetahuan tentang kanker serviks dan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dalam upaya deteksi dini terhadap penyakit kanker serviks.


Full Text:

PDF

References


Emilia, 2010. Pembunuh Ganas Itu Bernama Kanker Serviks. Yogyakarta : Sinar Kejora

Jumaida. et al., 2020. penyuluhan tentang kanker servik mempengaruhi pengetahuan dan motivasi pemeriksaan IVA pada wanita usia subur (WUS). Jurnal Kebidanan, 6 (1), pp. 104-113.

Karyus, A. et al., 2020. Efektivitas penyuluhan Kesehatan Ca Serviks terhadap Motivasi Pemeriksaan IVA pada Wanita Pasangan Usia Subur. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal ilmiah STIKES Kendal, 10 (2), pp. 195-200.

Kemenkes RI, 2015. Situasi Penyakit Kanker. Available at : https://pusdatin.kemkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/buletin/buletin-kanker.pdf

Notoadmodjo S, 2007. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Profil Dinkes Sulawesi Selatan, 2015. Profil Kesehatan Dinas Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2015. Makassar : Dinkes SulSel.

Sawitri dan Sunarsih, 2018. Pengaruh Penyuluhan Kanker Serviks terhadap Motivasi Keikutsertaan Wanita Melakukan Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). Jurnal Kesehatan, 9 (1), pp. 2086-7751.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alpabeta : Bandung

Sandina, D., 2011. 9 Penyakit Mematikan Mengenali & Tanda Pengobatannya, Yogyakarta : Smart Pustaka.

World Health Organizattion, 2013. Cervical Cancer. Available at: https://www.who.int/southeastasia/activiti/cervical-cancer.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/imj.v4i2.4273

Article Metrics

Abstract - 757 PDF - 627

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/imj.v4i2.4273.g2506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesian Midwifery Journal Indexed By

googleGarudacrossref   dimentionbase