Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah dan Label Halal terhadap Keputusan Pembelian
Abstract
This study was conducted to examine the effect of the sharia marketing mix variables and halal label on purchase decisions at d'BestO city of Bogor. This study uses a quantitative method. The sample was 86 respondents who are consumers of products d'BestO in Bogor. Analysis of the data used in this research is multiple regression analysis. The results of this study show that: sharia marketing mix significantly influence the purchase decision is evidenced bythat the value of the variable t on sharia marketing mix is 4.090 with a significance level of 0.000. Because the value of t is greater than t table is 4.090 > 1.988 and 0.000 significance value <0.05. And halal label significantly influence the purchase decision is evidenced by the value of the variable t on halal label is 3.739 with a significance level of 0.000. Because the value of t is greater than t table is 3.739> 1.988 and 0.000 significance value <0.05. sharia marketing mix and halal label jointly significant effect on purchase decisions this is evidenced by the significant value of the smaller F-test of 0.05 is equal to 0.000 (0.000 <0,05) so that it can be concluded that the sharia marketing mix and halal label significant influence on purchase decisions.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, Hamdi. 2017. Studi Kelayakan Bisnis Syariah. Depok : PT RajaGrafindo Persada
Ahmed, Selim dan Habibur Rahman. 2015. The Effects Of Marketing Mix On Consumer Satisfaction: A Literature Review From Islamic Perspectives : Journal of Islamic Economics. Volume 2 (1) : 17-30
Alfian, Ian dan Muslim Marpaung. 2017. Analisis Pengaruh Label Halal, Brand dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Kota Medan : Jurnal At-Tawasuth. Volume 2 (1) : 122-145
Alim, Silachul Alfinul Alim, et al.. 2018. Pengaruh Persepsi Label Halal dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Muslim ( Survei pada Pelanggan Produk Zoya Muslim di Kota Malang) : Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 62 (1) : 127-134
Alma, Buchari dan Priansa, Donni Juni. 2016. Manajemen Bisnis Syariah Edisi Revisi. Bandung : ALFABETA
Asnawi, Nur dan Fanani, Muhammad Asnan. 2017. Pemasaran Syariah Teori, Filosofi & Isu-Isu Kontemporer. Depok : PT RajaGrafindo Persada
Arif, Nur Rianto Al. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung : ALFABETA
Bulan, Tengku Putri Lindung dan Muhammad Rizal. 2016. Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang : Jurnal Manajemen dan Keuangan. Volume 5 (1) : 430-439
Djamil, Fathurrahman. 2013. Hukum Ekonomi Islam Sejarah, Teori dan Konsep. Jakarta : Sinar Grafika
Fahmi, Irfani. 2016. Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan. Depok : PT Raja Grafindo Persada
Fatoni, Siti Nur. 2014. Pengantar Ilmu Ekonomi Dilengkapi Dasar-Dasar Ekonomi Islam. Bandung : Pustaka Setia
Gunawan, Imam. 2017. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta : PT RajaGrafindo
Gunawan, Wahyu Tri. 2013. Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Texas Chicken Manado : Jurnal EMBA. Volume 1 (4) : 2049-2058
Heryanto, Imam. 2015. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya pada Kepuasan Pelanggan : Jurnal Ekonomi, Bisnis, & Entrepreuneurship. Volume 9 (2) : 80-101
Huda, Nurul, et.al.. 2017. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi. Depok : Kencana
Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Bandung : CV ALFABETA
Imantoro, Fatih, et al.. 2018. Pengaruh Citra Merek, Iklan, Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Mi Instan Merek Indomie di Wilayah Um Al- Hamam Riyadh) : Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 57 (1) : 180-187
Istianah, et al.. 2018. Analisis Sharia Marketing Mix terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian pada Online Shop Tiws.id : An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah. Volume 5 (1) : 276-296
Kotler, Philip dan Ketler, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid 2. Jakarta : Erlangga
Larasati, et al.. 2019. Pengaruh Label Halal Terhadap Produk Kecantikan : Al Maal : Jurnal of Islamic Economics and Banking. Volume 1 (1) : 48-64
Lupiyoadi, Rambat. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta : Salemba Empat
Nickels, William G, et.al.. 2011. Pengantar Bisnis Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat
Muhamad. 2017. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Depok : PT RajaGrafindo Persada
Murtie, Afin. 2011. Strategi Gila Menjadi Marketing No.1. Bekasi : Laskar Aksara
Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung : Pustaka Setia
Rafita, Helsy Zella. 2017. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Angkatan 20132016 UIN Raden Intan Lampung). Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung : Tidak diterbitkan
.
Robiah, Faidatur. 2017. Marketing Hebat Ala Rasulullah SAW. Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Setyani, Erina. 2015. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Alat Tulis Hadi Sutrisno Putra 2 Limpung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang: Tidak diterbitkan
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung : ALFABETA
________. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : ALFABETA
Sujarweni, V Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta : Pustaka Baru Pers
Sumarwan, Ujang, et al.. 2011. Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor : IPB Press
Tanjung, Hendri dan Abrista Devi. 2013. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta : Gramata Publishing
Tarigan, Eka Dewi Setia. 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan : Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. Volume 3 (1) : 47-61
Tunga, Ananta Wikrama, et.al.. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta : Graha Ilmu
Widyaningrum, Premi Wahyu. 2018. Pengaruh Label Halal, Asosiasi Merek, Iklan, dan Celebrity Endroser terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah di Malang) : Jurnal Capital. Volume 1 (2) : 111-124
Wijayanti, Titik. 2017. Marketing Plan! dalam Bisnis Third Edition. Jakarta : PT Gramedia
Zainal, Veuthzal Rivai, et al.. 2017. Islamic Marketing Management. Jakarta : PT Bumi Aksara
Zulham. 2018. Peran Negara Dalam Perlindungan Konsumen Muslim Terhadap Produk Halal.Jakarta Timur : KENCANA
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/almaal.v1i2.1847
Article Metrics
Abstract - 9316 PDF - 7087Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Rika Paujiah, Ahmad Mulyadi Kosim, Syarifah Gustiawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial Office:
Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking
Diterbitkan oleh Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Jalan Perintis Kemerdekaan I Babakan No.33, RT.007/RW.003, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118
e-mail: journal.almaal@gmail.com
Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.