Analisis Pengaruh Perilaku Konsumtif, Motivasi, Kelompok Referensi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menabung

Melina Agustina Rahayu, Mustika Widowati, Jati Handayani

Abstract


This study analyze and obtain empirical evidence about the effect of Consumptive Behavior, Motivation, Reference Group and Service Quality on the Decisions of Saving at PT Bank Tabungan Negara (BTN) Branch Office Sharia Semarang either simultaneously or partially. The population of this research is the customers of PT Bank Tabungan Negara (BTN) Branch Office Sharia Semarang. Sample technique used is purposive sampling and accidental sampling technique, there are 135 respondents who meet the criteria. The analysis model used in this study is a multiple linier regression analysis model. The analysis technique uses F test, Determination Coefficient Test (R2), and t test which is processed using SPSS 16 program. The results of proving the hypothesis and discussion in this study indicate that (1) Consumptive Behavior, Motivation, Reference Group and Service Quality simultaneously have a significant impact on saving decisions (2) Consumptive Behavior partially has no significant effect on saving decisions. (3) Motivation partially has a significant effect on saving decisions. (4) The reference group partially does not significantly influence on saving  decisions. (5) Service quality partially has significant effect on savinng decisions.


Keywords


Savings Decision; Consumptive Behavior; Motivation; Reference Group; Service Quality.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Agustinus Kristian. 2017. Moderasi Gaya Hidup Konsumtif dalam Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi. Yogyakarta.

Arifin, Atwal dan Husnul Khotimah. 2014. Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Memilih Bank Syariah Di Surakarta. Seminar Nasional Dan Call For Paper.

Arslan, Muhammad dan Zaman, Rashid. 2014. Impact of Brand Image and Service Quality on Consumer Purchase Intention: A Study of Retail Store in Pakistan. Research on Humanities and Social Sciences. Vol. 4, No. 22. ISSN. 2224-5766.

Asnawi dan Masyhuri. 2009. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN Malang-Malang Press.

BTN. 2018. “Tentang Kami”. https://www.btn.co.id/Tentang- Kami.(05 Mei 2020)

Faadhilah, Fauz Novia. 2018. Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Beauty Vlogger Sebagai Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Pada Remaja Perempuan Pengguna Kosmetik Korea Di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 7, No. 1.

Fahrudin, Muhammad Fajar dan Emma Yulianti. 2015. Pengaruh promosi, lokasi,dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya. Journal of Business and Banking. Vol. 5, No. 1.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanik, Siti Umi dan Jati Handayani.2014. Keputusan Nasabah Dalam Memilih Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri). Jurnal JABPI. Vol. 22, No. 2.

Haris, Helmi dan Nur Said Irham T. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Periklanan terhadap Keputusan Nasabah dalam Menabung pada Bank Syariah (Studi Kasus pada BTN Syariah Surakarta). Jurnal Muqtasid. Vol. 3, No. 1.

Insukindro. 1998. Sindrum R² Dalam Analisis Regresi Linier Berganda Runtun Waktu. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol. 13, No. 4.

Kartikasari, Nita Despri dan Hermin Endratno. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menyimpan Dana Pada Bank Syari’ah Di Kota Purwokerto (Studi Pada Bri Syariah Dan Bank Muammalat Cabang Purwokerto). Jurnal Manajemen dan Bisnis Media Ekonomi.Vol. 16, No. 2.

Kaunang, Meiriska. 2015. Analisis Pengaruh Motivasi, Konsumen, Persepsi, Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor di Kota Manado.Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol. 15, No.5.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. England: Pearson Education Limited.

Kristianto, Paulus Lilik. 2011. Psikologi Pemasaran. Jakarta: PT. Buku Seru.

Mandali, Ronaldo, Rahmiati dan Hendri Andi Mesta. 2016. Pengaruh faktor psikologis terhadap Keputusan menabung mahasiswa Pada bank syariah. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis. Vol. 5,No. 1.

Sugiyono.2014.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sulistyorini, Utami Tri. 2017. Metode Penelitian Analisis Kausal-Regresi. Semarang: Polines.

Utami, Sangen dan Rahman. 2015. Analisis Pengaruh Religiusitas, Kelompok Referensi dan Motivasi terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah. Jurnal Wawasan Manajemen. Vol. 3, No.1.

Widiatmoko, Brono, Darwin Sitompul dan Sukaria Sinulingga. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Membuka Rekening Tahapan Xpresi Pada Bca Medan.Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. Vol. 14, No. 2.

Wina, elsa, Nawazirul Lubiz dan Bulan Prabawani. 2015. Pengaruh Promosi dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Menabung Nasabah Tabungan Simpedes pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Brigjen Sudiarto Semarang. Jurnal jurusan Administrasi Bisnis. Diunduh pada 20 Desember 2019.

www.bps.go.id (diakses pada Mei 2020).

www.ojk.go.id (diakses pada Januari 2020).

Zainal, Veithzal Rivai. 2018. Ekonomi Mikro Islam. Jakarta Pusat: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/almaal.v2i2.3201

Article Metrics

Abstract - 3139 PDF - 2286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Melina Agustina Rahayu, Mustika Widowati, & Jati Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Editorial Office:

Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking
Diterbitkan oleh Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Jalan Perintis Kemerdekaan I Babakan No.33, RT.007/RW.003, Cikokol, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118

e-mail: journal.almaal@gmail.com


Creative Commons License
Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.