Fenomena Perilaku Bullying pada Remaja di Yogyakarta

Ema Waliyanti, Farhah Kamilah, Retha Rizky Fitriansyah

Abstract


Latar Belakang: Perilaku bullying yang dilakukan oleh remaja di Indonesia masih menjadi

salah satu masalah yang belum teratasi. Tingginya angka kejadian bullying pada remaja memberikan dampak negatif bagi remaja seperti gangguan konsentrasi belajar, penurunan prestasi akademik, harga diri rendah, depresi, bahkan sampai keinginan remaja untuk bunuh diri.

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perilaku bullying pada remaja di Yogyakarta.

Metodologi: Penelitianan ini menggunakan metode kualitatif pendekatan fenomenologi. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Partisipan dalam penelitian berjumalah 14 orang yang terdiri dari orang tua, remaja, dan guru yang ditentukan dengan purposive sampling. Keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi metode, sumber, dan peer debriefing. Analisis data menggunakan open code 4.02.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa jenis bullying yang dilakukan remaja di Yogyakarta diantaranya bullying verbal seperti mengejek dan memberikan julukan tidak baik kepada teman. Bullying fisik seperti memukul, menendang, menjambak dan mencubit, kemudian ada juga bullying relasional seperti mengucilkan, mengintimidasi, dan mempermalukan teman di sekolah, serta cyberbullying seperti berkomentar kasar pada media sosial, mengupload foto, dan mengupdate instastory. Perilaku bullying pada remaja tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ajakan teman, keadaan lingkungan di sekitar remaja, riwayat bullying, pengaruh media elektronik dan karakter sasaran serta pelaku bullying.

Kesimpulan: Perilaku bullying pada remaja memberikan dampak negatif baik pada pelaku maupun korbannya sehingga membutuhkan perhatian lebih baik bagi pemerintah, sekolah maupun orang tua. Dalam penelitian ini menemukan berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku bullying pada remaja, namun belum bisa mengetahui faktor apa yang paling dominan sehingga diperlukan penelitian dengan menggunakan metode lain untuk mengindentifikasi hal tersebut.


Kata Kunci: Perilaku Bullying, Remaja, Yogyakarta


Full Text:

Waliyanti_PDF

References


Al-Raqqad, H. K., Al-Bourini, E. S., Al Talahin, F. M., & Aranki, R. M. E. (2017). The Impact of School Bullying On Students’ Academic Achievement from Teachers Point of View. International Education Studies, 10(6), 44. https://doi.org/10.5539/ies.v10n6p44

Asif, A. (2016). Relationship between Bullying and Behavior Problems (Anxiety, Depression, Stress) among Adolescence: Impact on Academic Performance. Edmond: MedCrave Group LLC.

Boswell, M. A. (2016). School level predictors of bullying among high school students. University of Kentucky.

Fisher, H. L. (2012). Bullying Victimisation And Risk Of Self Harm In Early Adolescence: Longitudinal Cohort Study. BMJ , 1-9.

Fujikawa, S., Ando, S., Shimodera, S., Koike, S., Usami, S., Toriyama, R., … Nishida, A. (2016). The Association of Current Violence from Adult Family Members with Adolescent Bullying Involvement and Suicidal Feelings. PloS One, 11(10), e0163707. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0163707

Gan, S. S., Zhong, C., Das, S., Gan, J. S., Willis, S., & Tully, E. (2014). The prevalence of bullying and cyberbullying in high school: a 2011 survey. International Journal of Adolescent Medicine and Health, 26(1), 27–31. https://doi.org/10.1515/ijamh-2012-0106

Georgiou, S. N., & Stavrinides, P. (2013). Parenting at home and bullying at school. Social Psychology of Education, 16(2), 165–179. https://doi.org/10.1007/s11218-012-9209-z

Inchley, J., Currie, D., Young, T., Samdal, O., Torsheim, T., Augustson, L., … World Health Organization (Ed.). (2016). Growing up unequal: gender and socioeconomic differences in young people’s health and well-being: Health Behaviour in School-Aged Children (HBSC) Study: international report from the 2013/2014 survey. Copenhagen, Denmark: World Health Organization Regional Office for Europe.

International Center for Research on Women. (2015). Are Schools Safe and Equal Places for Girls and Boys in Asia? Research Findings on School-Related Gender-Based Violence. Thailad: Plan Asia Regional.

Jaworska, N., & MacQueen, G. (2015). Adolescence as a unique developmental period. Journal of Psychiatry & Neuroscience : JPN, 40(5), 291–293. https://doi.org/10.1503/jpn.150268

Kasehagen, L., Busacker, A., Kane, D., & Rohan, A. (2012). Associations Between Neighborhood Characteristics and Physical Activity Among Youth Within Rural–Urban Commuting Areas in the US. Maternal and child health journal, 16(0 2), 258–267. https://doi.org/10.1007/s10995-012-1188-3

Muhammad. (2009). Aspek Perlindungan Anak Dalam Tindak Kekerasan (Bullying) Terhadap Siswa Korban Kekerasan Di Sekolah (Studi Kasus di SMK Kabupaten Banyumas). Jurnal Dinamika Hukum , 230-236.

Pramesti, T. J. (2015, Mei Rabu). Jerat Hukum Pelaku Bullying Terhadap Anak. hukumonline.com , p. 1.

Shetgiri, R., Lin, H., Avila, R. M., & Flores, G. (2012). Parental characteristics associated with bullying perpetration in US children aged 10 to 17 years. American journal of public health, 102(12), 2280–2286.

UNICEF. (2016). Laporan Tahunan Indonesia 2015. Jakarta, Indo.

Utomo, M. I. (2016). Strategi Coping Korban Bullying Verbal Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 11 Yogyakarta . E-Journal Bimbingan dan Konseling Edisi 12 tahun ke-5 , 590-602.

Wolke, D., & Lereya, S. T. (2015). Long-term effects of bullying. Archives of Disease in Childhood, 100(9), 879–885. https://doi.org/10.1136/archdischild-2014-306667

Yang, L., Zhang, Y., Xi, B., & Bovet, P. (2017). Physical Fighting and Associated Factors among Adolescents Aged 13–15 Years in Six Western Pacific Countries. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(12), 1427. https://doi.org/10.3390/ijerph14111427

Zych, I., Farrington, D. P., Llorent, V. J., & Ttofi, M. M. (2017). School Bullying in Different Countries: Prevalence, Risk Factors, and Short-Term Outcomes. Dalam I. Zych, D. P. Farrington, V. J. Llorent, & M. M. Ttofi, Protecting Children Against Bullying and Its Consequences (hlm. 5–22). Cham: Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-53028-4_2




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v2i1.831

DOI (Waliyanti_PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v2i1.831.g639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIKI: Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.

View My Stats

Office : Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. TMP Taruna No. 2 Sukasari Kota Tangerang Banten