RANCANG BANGUN APLIKASI PUSAT INFORMASI SEKOLAH DENGAN PENERAPAN CHATBOT MENGGUNAKAN AIML BERBASIS ANDROID PADA SMK OTOMOTIF AL HUSNA TANGERANG

Ryan Zulham Ramadhani, Hengki Rusdianto, viky yahya

Abstract


Dengan adanya teknologi informasi yang semakin maju, tentu sangat membantu manusia dalam membuat,mengubah,menyimpan dan mencari informasi. Proses pencarian informasi di SMK Otomotif Al Husna dilakukan dengan cara mencari brosur sekolah, mading sekolah atau langsung datang dan bertanya ke pihak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi android dengan penerapan chatbot.

Pada perancangan aplikasi chatbot ini menggunakan Artificial Intelligence Markup Languange (AIML) sebuah bahasa untuk menyusun logika pada chatbot. Bahasa scripting interpreter yang merupakan turunan dari Extensible Markup Language (XML) dengan fungsi yang lebih spesifik. AIML digunakan sebagai basis pengetahuannya (knowlage base) dengan mengelola data knowlage base menggunakan database MySQL. Metode dalam pengembangan sistem menggunakan metode extreme programming sedangkan metode dalam pengumpulan data adalah studi pustaka, observasi dan wawancara.

Dengan pemanfaatan chatbot yang telah dilengkapi dengan kecerdasan buatan dan informasi berupa audio, membuat pengguna lebih mudah mendapatkan informasi tentang sekolah yang berasal dari basis data dan pengguna dapat memperoleh informasi tentang sekolah dimanapun dan kapanpun.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v3i2.2076

Article Metrics

Abstract - 1827 PDF (Bahasa Indonesia) - 2062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

CURRENT INDEXING