SISTEM INFORMASI AKREDITASI PROGRAM STUDI BERBASIS WEBSITE (Studi kasus di Prodi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Tangerang)

Yani Sugiyani, Ali Firdaus, Rohmat Taufik, Mayang Agustina

Abstract


Abstrak, Akreditasi merupakan kegiatan penilaian berdasarkan Standar Nasional Pendidikan  Tinggi (SNPT) untuk menjamin mutu pendidikan tinggi pada program studi di setiap Perguruan Tinggi di Indonesia. Proses Akreditasi diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN – PT) dan melibatkan asesor sebagai penilai dan Tim Penyusun (Tim Borang). Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhmaadiyah Tangerang. Selama ini proses tersebut masih dilakukan secara manual, dan menimbulkan berbagai permasalahan, diantaranya tidak adanya informasi yang tertata dengan rapi yang menyediakan data penyusunan borang akreditasi, sulitnya menentukan waktu untuk para tim penyusun (tim borang) untuk berkumpul serta adanya pencatatan data yang berulang – ulang. Penelitian ini memberikan rancangan konsep dan desain sistem informasi yang dapat membantu otomatisasi proses penyusunan boring akreditasi. Sistem Informasi Akreditasi Teknik Informatika (SiAksi Informatika) ini dirancang berbasis website, sehingga dapat memudahkan pengguna dalam mengakses sistem. SiAksi ini dirancang menggunakan metode SDLC dengan UML Diagram, yaitu Use Case Diagram, Activity, Statechart, dan Sequence Diagram sebagai bahasa pemodelannya. Hasil output dari penelitian ini dibuat sama persis dengan instrument yang telah ditentukan oleh BAN – PT.

Kata kunci : akreditasi, sistem informasi, website, SDLC, UML


References


. Chandra, D D, et al., Sistem Informasi Dokumnetasi Borang Akreditasi Studi Kasus : Program Studi Sistem Informasi Pada STMIK GI MDP, hal 3.

. Hendini, Ade, 2016, Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak), Jurnal Khatulistiwa Informatika Vol. IV No. 2 Desember 2016, hal 108.

. Kurniawan, R dan Arkan, F. 2016, Rancang Bangun Sistem Borang Akreditasi Program Studi Teknik Elektro Universitas Bangka Belitung, Jurnal Ecotipe ISSN 2355-5068 Volume 3, Nomor 2, hal 32.

. Download – Pengertian Program Studi dan Akreditasi Program Studi Sarjana – Rabu, 3 Juli 2019 – http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/ban/s1/Buku_1- Naskah_Akademik_Akreditasi _Program_Studi_Sarjana.doc

. Siregar, S R, dan Sundari, P. 2016, Rancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Kependudukan Desa (Studi Kasus di Kantor Desa Sangiang Kecamatan Sepatan Timur, Jurnal Sisfotek Global Vol. 6 No. 1 ISSN :2088 – 1762 Maret 2016, hal 77.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v3i2.2171

Article Metrics

Abstract - 1157 PDF (Bahasa Indonesia) - 931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

CURRENT INDEXING