PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN MENGGUNAKAN VIDEO MOTION

jenie sundari, Teti Solihah

Abstract


Komputer merupakan suatu peralatan yang dapat digunakan untuk  mempermudah pekerjaan manusia, salah  satunya  di  bidang  pendidikan. Animasi  interaktif  merupakan media  pembelajaran yang  cukup populer saat ini. Penyampaian materi,   menjadikan pengaruh yang signifikan dibidangkan dengan menyampaikan informasi secara  manual.  Pembuatan  animasi  interaktif lingkungan alam  dan  buatan menggunakan video motion, bertujuan untuk menambah sarana pembelajaran bagi guru dalam menarik minat dan perhatian siswa-siswi dalam belajar. Program animasi interaktif yang dibangun menggunakan konsep pembelajaran pada SMK  Yapinda dalam pelajaran IPS,  salah satunya tema animasi interaktif lingkungan alam dan buatan. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam perancangan animasi interaktif adalah dengan observasi secara langsung terhadap kegiatan belajar mengajar dari sudut  pandang guru  dan  siswa  guna  mendapatkan gambaran yang  optimal. Dalam program animasi interaktif ini terdapat proses-proses pembelajaran mengenal lingkungan alam dan buatan, gambar- gambar yang menarik serta audio untuk meningkatkan daya serap siswa terhadap isi materi. Dalam animasi interaktif ini diharapkan membuat siswa-siswi merasa nyaman dalam belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

 

 

Kata Kunci : Animasi Interaktif Lingkungan Alam dan Buatan Menggunakan Video Motion

 


Full Text:

PDF

References


Fitria, D., & Septiana, A. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Berbasis Android.

Maharani, D., & Hotami, M. (2017). Rendering Video Advertising Dengan Adobe After Effects Dan Photoshop. 2.

Putri, Y. D. R. (2017). Pembuatan Motion Graphics Sebagai Media Sosialisasi Dan Promosi Untuk Aplikasi Mobile Tranding Online Mandiri Sekuritas. 2.

Rosa, S. ., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung.

Santi, I. T., & Sukadi. (2014). Pembuatan Games Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiya Di Taman Kanak-kanak (TK) Az-Zalfa Sidoharjo Pacitan. 2.

Sugiani, Y., Rosalina, V., & Yunan, I. (2014).

Perancangan Aplikasi Edukatif Bebasis Multimedia Untuk Memnudahkan Siswa Belajar Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 1.

Yulandina, A., Antoni, C., & Firmanda, A. (2018).

Optimalisasi Unsur Live Shoot Dan Motion Graphic Untuk Promosi Digital Lembaga Paud. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v4i2.2623

Article Metrics

Abstract - 1141 PDF - 989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING