ANALISIS SISTEM INFORMASI PENDATAAN REKAM MEDIS PASIEN PENGGUNA BPJS PADA KLINIK ROHMATAN NUR AL AMIM

hendra mayatopani, Nurdiana Handayani, Yanuar Eka Ramadhan

Abstract


Klinik Rohmatan Nur Al Amim akan selalu menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pelayanan yang bermutu dengan biaya terjangkau. Pengelolaan data di institusi pelayanan kesehatan merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan sistem informasi klinik. Aplikasi Primary Care (Pcare) merupakan sebuah sistem informasi yang di rancang dan dikembangkan untuk melayani pasien pengguna BPJS Kesehatan. Aplikasi Pcare ini telah digunakan di Klinik Rohmatan Nur Al Amim sejak tahun 2010. Dengan aplikasi tersebut Klinik Rohmatan Nur Al Amim dapat melakukan mendata atau mencatat rekam medis terhadap pasien-pasien yang menggunakan BPJS pada saat berobat. Analisis yang dilakukan pada sistem Primary Care (Pcare), membahas proses pendataan rekam medis pasien BPJS yang berobat di Klinik Rohmatan Nur Al Amim.

 

Kata Kunci:  Sistem Informasi, Pelayanan, Rekam Medis, Primary Care, BPJS.

Full Text:

PDF

References


Andreas G. Ch. Tampi, Evelin J.R. Kawung, dan Juliana W. Tumiwa, 2016, Dampak Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Terhadap Masyarakat Di Kelurahan Tingkulu, e-journal “Acta Diurna” Volume V. No.1. Tahun 2016.

BPJS Kesehatan – Seputar BPJS Kesehatan – Minggu 14 Juli 2019 -

https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/eac4e7a830f58b4ade926754f74b6caf.pdf

Handayani, N., Septarini, R. S., Mayatopani, H., & Sudarsono, I. (2020). Sistem Ujian Rating Berbasis Web Untuk Personil Pemandu Lalu Lintas Udara (Studi Kasus Airnav Indonesia). Jurnal Inovasi Informatika, 5(1), 72-82.

Yanuardi, Yanuardi, and Rachmat Destriana. "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE GAS DALAM STRATEGI E-BUSINESS MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT." JIKA (Jurnal Informatika) 4.1 (2020): 1-6.

Indrajani, S.kom., MM, 2015, Database Design (Case Study All In One): Cara Praktis Belajar Perancangan Basis Data Dengan Cepat, Tepat, dan Jelas. Jakarta: Penerbit Elex Media Komputindo.

Muhammad Muslihudin Oktafianto, Yakub, Edhy Sutanta, 2016, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi: Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Liesnaningsih, L., Taufiq, R., Destriana, R., & Suyitno, A. P. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Berbasis WEB Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada Pondok Pesantren Daarul Ahsan. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(1), 54-60.

Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA, Romney dan Steinbart, 2016, Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Penerbit Abdi Sistematika.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jika.v4i3.2956

Article Metrics

Abstract - 1525 PDF - 1519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

CURRENT INDEXING