ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI DI FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

Eneng Wiliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tangerang sebagai tempat kuliah. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Kesehatan UMT dengan jumlah responden sebanyak

147 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang bersifat eksploratif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan analisi faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan UMT sebagai tempat kuliah yaitu faktor internal yang mencakup tempat, harga, produk, fisik dan promosi. Faktor eksternal yaitu keluarga, pendapatan keluarga dan kemauan sendiri.

 

Kata Kunci : Faktor analisis, keputusan mahasiswa

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma B dan Hurriyati R. 2008. Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Alma B, 2009. Dasar-Dasar Bisnis dan

Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Angipora, Marius P. 2014. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Atmaja L. Setia, Ph.D. 2009. Statistika untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: Andi.

Bawantara, Agung. 2007. Lulus SMA Kuliha Dimana ?Panduan Memilih Program Studi. Jakarta : PT.Kawan Pustaka.

Ghozali,Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hurriyati R, 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung: Alfabeta.

I Dewa Ayu Juli Artini, I Ketut Kirya, I Wayan Suwendra, 2014, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ( FEB ) Universitas Pendidikan Ganesha ( UNDIKSHA) Sebagai Tempat Kuliah, e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen ( Volume 2 Tahun 2014 )

Kotler, Philip, Keller, 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas Jilid 2, Alih bahasa oleh Benyamin Molan. Jakarta : PT. Macanan Jaya Cemerlang

Lupiyoadi R, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa ( Edisi II ), Jakarta: Salemba Empat.

Mc.Carthy, E-Jerome dan Wiliam D.Pereault Jr. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia. Alih Bahasa Agus Maulana. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Muliadi, Erlan. 2011. Pemasaran Pendidikan. Tersedia pada http://erlanmuliadi.blogspot.com/2011

/06/pemasaran-pendidikan.html. (diakses tanggal 8 Januari 2018 )

Testian Yushli ,2015 Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNS ( Studi pada Angkatan 2014 dan 2015 ), Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tjiptono F. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi III. Yogyakarta: CV. Andi Offset Sugiyono. 2003. Metode Penelitian

Administrasi. Bandung: Alfabeta.

. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Wahana Komputer, 2012. Shortcourse series SPSS 20, Yogyakarta: Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v3i1.1019

Article Metrics

Abstract - 1330 PDF - 1575

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v3i1.1019.g645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Alamat Redaksi : Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan 1/33 Kota Tangerang Banten Indonesia 15118




View My Stats