Hubungan antara Konsep Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Tingkat I & II di Universitas Muhammadiyah Tangerang

Kamilia Kamilia, Karina Megasari Winahyu, Wulan Damayanti

Abstract


Latar belakang: Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang bertujuan agar seseorang dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungan dimana individu tersebut berada. Untuk mencapai pendidikan yang baik individu harus mempunyai motivasi yang dipengaruhi oleh konsep diri yang dimiliki oleh individu.Pada beberapa penelitian didapatkan hasil banyak mahasiswa yang mengalami kecenderungan low self esteem yang mengakibatkan mahasiswa tersebut mempunyai motivasi belajar yang kurang yang akhirnya akan membuat prestasi belajarnya menurun. Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antarakonsep diri dan motivasi belajar mahasiswa keperawatan tingkat I&II di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Metode :Desain penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebayak 110 responden dengan teknik simple random sampling. Data penelitian ini didapatkan dengan menggunakan kuesioner baku yang telah dilakukan uj ivaliditas dan reliabilitas, yaitu Tennesse Self Concept Scale dan adaptasi kuesioner motivasi belajar. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah chi square. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki konsep diri yang positif (51,8%) dan motivasi belajar yang baik (58,2%). Hasil analisis statistik uji chi square di penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antarakonsep diri dan motivasi belajar mahasiswa keperawatan tingkat I & II. Simpulan: Hal ini menunjukkan semakin positif konsep diri yang dimiliki responden semakin baik motivasi belajar yang dimilikinya dan akan semakin meningkat prestasi belajarnya. Saran : Mahasiswa keperawatan diharapkan dapat membangun konsep diri yang positif agar dapat meningkatkan motivasi belajar yang baik.

Kata Kunci : Konsep Diri, Mahasiswa Keperawatan, Motivasi Belajar 

Full Text:

PDF

References


Agustiani Hendriati. (2009), Pisikologi Pendidikan. Jakarta: Refika Adiatama.

Calhoun. J.F & Acocella. J.R. (2004), Pisikologi Tentang Penyusaian dan Hubungan Kemanusiaan. Edisi 3. Semarang: IKIP Semarang Press.

Djaali (2012), Pisikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Donus Jenita. D.T. (2017), Pisikologi Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Efendi Asep. L., Rosra. M., Yusmansyah. (2011), Hubungan Konsep Diri Dalam Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Bimbingan Konseling. Universitas Lampung.

Fitts., William. H. The Self Concept and Self Actualization Reseach Monograph. No.3. Los Angeles: Wetern Psychological Service.

Hamzah B. Uno. (2011), Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hariyanto, Agustinis Darmawan. (2012). Prevalensi depresi dan faktor yang mempengaruhi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya angkatan 2007 [Skripsi]. Jakarta:UAJ.

Isabella Yuanita. J. (2011), Analisis Pengaruh Labelling Tehadap Konsep Diri Pada Tokoh Shinagawa Daichi Dalam Drama Yanke- Kon-To Me Jane Chan. Universitas Bina Nusantara.

Maria. U. (2007), Peran Persepsi Keharmonisan Keluarga dan Konsep Diri. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pisikologis. Universitas Gajah Mada.

M. Asy’ari., Ekayanti. I. N., Matulessy. A. (2014), Konsep Diri, Kecerdasan

Emosi dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pisikologi. Universitas 17 Agustus 1945.

Munawanah Lis. B. (2012), Kematangan Emosi Konsep Diri dan Kenakalan Remaja. Jurnal Pisikologi. Universitas 17 Agustus 1945.

Mustofa Ali. (2010), Hubungan Konsep Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Kota Belitar. Malang: Jurnal Pisikologi. Universitas Negeri Islam Malang.

Siregar Nurmaida. I & Ernawati. S. (2012), Hubungan Konsep Diri dan Kecerdasan Emosi dengan Motivasi Belajar. Universitas Medan Area.

Sri Wahyuni(2013), Hubungan Motivasi Belajar dengan Fasilitas Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Lampung.

Pambudi Prabawati. S. & Wijayanti. D. Y.(2012), Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Keperawatan. Semarang: Jurnal Keperawatan. Universitas Diponogoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v4i2.1986

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v4i2.1986.g1226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats