Pengaruh Senam Kaki Terhadap Sensitivitas Kaki Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di RSU Kabupaten Tangerang

Paojah Paojah, Imas Yoyoh

Abstract


Transisi epidemiologi yang terjadi di Dunia saat ini telah mengakibatkan berbagai perubahan pola penyakit, yaitu dari penyakit menular ke penyakit tidak menular (PTM). PTM yang menyita banyak perhatian Salah satunya adalah diabetes melitus (DM). DM memiliki kategori utama yaitu DM tipe 1 dan tipe 2. DM tipe 2 merupakan tipe terbanyak pada penderita DM. DM merupakan sekumpulan gangguan metabolik yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah (hiperglikemia) akibat kerusakan pada sekresi insulin, kerja insulin, atau bisa dari keduanya. Komplikasi yang paling sering dialami penderita diabetes adalah neuropati. Neuropati menimbulkan gejala berupa penurunan sensitivitas terhadap sentuhan ringan terutama pada kaki. Penanganan DM secara non-farmakologi dengan mencegah terjadinya neuropati salah satunya adalah dengan senam kaki. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperimen dan menggunakan rancangan pre and post test without control group. Sampel penelitian ini berjumlah 44 responden. Penelitian ini untuk melihat pengaruh senam kaki terhadap sensitivitas kaki yang diberikan perlakuan selama 6 hari. Intrumen yang digunakan adalah kapas, sikat dan jarum. Uji statistik yang digunakan yaitu paired T-Test, hal tersebut didapatkan hasil adanya pengaruh senam kaki terhadap sensitivitas kaki dengan p-value=0,000 (ɑ=0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah senam kaki dapat meningkatkan sensitivitas kaki pada pasien DM tipe 2 di RSU Kabupaten Tangerang. Saran: dari penelitian ini, diharapkan perawat yang berada di RSU Kabupaten Tangerang dapat mengimplementasikan senam kaki sebagai salah satu cara alternatif dalam upaya pencegahan terjadinya neuropati pada pasien Diabetes Melitus tipe 2.

Full Text:

PDF

References


Black, J., & Hawks, J.H. (2014). Medical Surgical Nursing. Clinical Management for Positif Outcome. Ed 6th. Singapura. Saundres: Elseiver.

Data Rekam Medis RSU Kabupaten Tangerang. 2018.

Endriyanto, Hasneli, & Dewi (2013). Efektifitas senam kaki diabetes melitus dengan koran terhadap tingkat sensitivitas kaki pada pasien dm tipe 2. Universitas Riau.

Faisal, Mieke, dan Junita (2016). Gambaran klinis neuropati pada pasien diabetes melitus di Poliklinik Neurologi RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou. Periode Juli 2014 – Juni 2015. Jurnal e-Clinic (eCl), Volume 4, Nomor 1, Januari-Juni 2016.

International Diabetes Federation (IDF). 2015. Diabetes Voice Improving Access To Diabetes Care. Edisi 2 July 2017.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2015). Diabetes Melitus Penyebab Kematian Nomor 6 di Dunia: Kemenkes Tawarkan Solusi CERDIK Melalui Posbindu. http://www.depkes.go.id/article/view/2383/diabetesmelitus-penyebab-kematian-nomor-6-di-dunia-kemenkes-tawarkan-solusicerdik-melalui-posbindu.html (diakses pada tanggal 16 Desember 2017).

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2015). Penyakit tidak menular (ptm) penyebab kematian terbanyak di indonesia.

http://www.depkes.go.id/article/print/1637/penyakit-tidak-menular-ptmpenyebab-kematian-terbanyak-di-indonesia.html(diakses 16 Desember 2017).

Khana Rosyida. 2016. Gambaran Neuropati Perifer pada Diabetisi diWilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu Semarang. Universitas Diponegoro

LeMone, Priscilla. 2016. Buku Ajar keperawatan medikal bedah gangguan integumen, gangguan Endokrin, Gangguan Gastrointestinal. Vol. 2. Jakarta : EGC

Priyanto, Sahar, & Widyatuti (2013). Pengaruh Senam Kaki Terhadap Sensitivitas Kaki Dan Kadar Gula Darah Pada Aggregat Lansia Diabetes Melitus Di Magelang. Prosiding konferensi nasional ppni jawa tengah.

Profil Kesehatan Kabupaten Tangerang (2016). http://dinkes.tangerangkab.go.id/wp-content/files/Profil_2016_New.pdf. (Diakses 15 Maret 2018).

Riset Kesehatan Dasar (2013). Infodatin Diabetes. Jakarta.

http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatindiabetes.pdf. (Diakses 29 September 2017).

Rostika Flora, Hikayati, Sigit Purwanto. 2013. Pelatihan Senam Kaki Pada Penderita Diabetes Mellitus Dalam Upaya Pencegahan Komplikasi Diabetes Pada Kaki (Diabetes Foot). Jurnal Pengabdian Sriwijaya.

Sigit Priyanto. 2013. Pengaruh senam kaki terhadap sensitivitas kaki dan kadar gula darah pada aggregat lansia diabetes Melitus di magelang (Tesis). FIK UI.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v4i1.2002

Article Metrics

Abstract - 2513 PDF - 3264

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v4i1.2002.g1237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal JKFT

Alamat Redaksi :

Jurnal JKFT

Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia

Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com




Jurnal JKFT a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.


Lihat Statistik Saya