Hubungan Tingkat Stres Kerja dengan Kinerja Perawat di Ruang Instalasi Gawat Darurat RSU Kabupaten Tangerang

Shieva Nur Azizah Ahmad, Adistina Vera

Abstract


Perawat pelaksana di Instalasi Gawat Darurat sangat rentan mengalami stres. Hal ini Dikarenakan Instalasi Gawat Darurat merupakan unit penting dalam operasional suatu rumah sakit, yaitu sebagai Pintu masuk bagi setiap pelayanan yang beroperasi selama 24 jam. Stres pada perawat sangat perlu diperhatikan, karena apabila seorang perawat mengalami stres yang tinggi akan berdampak pada kualitas pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Tingkat Stres kerja dengan Kinerja Perawat di Ruang Instalasi Gawat Darurat RSU Kabupaten Tangerang. Desain Penelitian ini adalah Desain Kuantitatif dengan metode Survei analitik Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Perawat Pelaksana di Ruang Instalasi Gawat Darurat RSU Kabupaten Tangerang, dengan Jumlah sampel 40 responden. Tekhnik Pengambilan Sampel adalah Total Sampel Populasi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan kuesioner. Uji statistik yang digunakan Chi Square. Hasil Penelitian menunjukan sebanyak 21 responden (52.5%) mengalami Tingkat stres Tinggi, sedangkan pada kinerja perawat sebanyak 19 responden (47.5%) memiliki Kinerja yang kurang baik. Terdapat Hubungan antara Tingkat Stres kerja dengan Kinerja Perawat (p Value= 0.002). Terdapat Hubungan yang signifikan antara Tingkat Stres Kerja dengan Kinerja Perawat di Ruang Instalasi Gawat Daurat RSU Kabupaten Tangerang. Perawat IGD lebih mengenal peran dan fungsinya sebagai perawat IGD dengan demikian bisa mengurangi stres kerja sehingga diharapkan lebih bisa mengelola stres kerja agar menghasilkan kinerja yang lebihbaik.

Full Text:

PDF

References


Depkes RI. (2006). Instrument Evaluasi Penerapan Standar Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit. Edisi 6. Jakarta: DepKes.

Dharma Kelana. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta : CV. Trans Info Media.

Diah, A. (2013). Pengaruh Beban kerja terhadap stres perawat IGD Dengan dukungan sosial sebagai variabel moderating studi pada Rsup Dr. Kariadi Semarang. fakultas Ekonomika dan bisnis: Universitas Diponegoro Semarang.

Fisella, dkk. (2013). Hubungan karakteristik individu dengan kinerja perawat di ruang rawat inap penyakit dalam rsud datoe Binangkang kabupaten bolang Mongondow. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran : Universitas Sam Ratulangi Persatuan Perawat Indonesia Kota Manado.

Friska Aprilia. (2017). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja dan Motivasi kerja terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Fakultas Ilmu Ekonomi : Universitas Riau Pekan Baru Riau.

Handoko, T. Hani. (2009). Manajemen Cetakan Dua puluh. Yogyakarta : Penerbit BPEE.

Hasibuan. (2013). manajemen sumber daya manusia edisi revisi cetakan 1Jakarta : Bumi Aksara.

Luknis Sabri, Sutanto. (2014). Statistik Kesehatan. Jakarta : Rajawali Pers : Jakarta.

M. Bakri Priyodwi. (2008). Hubungan Faktor Individu dan Organisasi Rumah sakit dengan stres kerja serta hubungan stres kerja dengan kinerja asuhan keperawatan perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD dr Soegiri Lamongan. Program Ilmu Kesehatan : STIKES Muhammadiyah Lamongan.

Miranda, Sefti, Vandri. (2017). Hubungan antara stres kerja perawat dengan kinerja perawat di Instalasi Gawat Darurat dan Intensive Care Unit RSU Pancaran Kasih GMIM Manado. Program Studi ilmu keperawatan fakultas kedokteran: Universitas Sam Ratulangi

Nelly Malahayati. (2016). Faktor-Faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat di ruang rawat inap RSUD Dr Zubir Mahmud. Dosen program Studi Kebidanan

: STIKES Bina Nusantara.

Pangky Lucky dkk. (2018). Hubungan umur,status pernikahan dan motivasi kerjadengan kinerja praktik keperawatan jiwa di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. V.

L. Ratumbuysang Provinsi Sulawesi Utara.Fakultas Kesehatan Masyarakat : Universitas Sam Ratulangi Manado.

Raden R.O. (2016). Hubungan Antara jenis kelamin dan motivasi kerja dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Jiwa Prof D. V.L. Ratumbuysang Provinsi Sulawesi Utar. Fakultas Ilmu Kesehatan : Universitas Sam Ratulangi Manado.

Rinaldy Palar dkk (2018). Hubungan umur, masa kerjas dan kepemimpinan dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Bhayangkara TK. III Manado.Fakultas kesehatan Masyarakat : Universitas Sam Ratulangi.

Robbins, Stephen P. (2006). Perilaku Organisasi, PT Indeks, Kelompok Gramedia.

Jakarta.

Yuli Setiyaningsih. (2013). Hubungan motivasi dengan kinerja perawat di ruang rawat inap RSUD Ungaran. Program Studi S1 Ilmu Keperawatan : STIKES Telogorejo Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v4i1.2005

Article Metrics

Abstract - 990 PDF - 1337

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v4i1.2005.g1240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Alamat Redaksi : Universitas Muhammadiyah Tangerang Jl. Perintis Kemerdekaan 1/33 Kota Tangerang Banten Indonesia 15118




View My Stats