HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG RAWAT JALAN DI RSIA PKU MUHAMMADIYAH CIPONDOH

Alpan Habibi Habibi, Fauzan Hakim Hakim, Fanny Sylvia Azizi

Abstract


Mutu pelayanan kesehatan merupakan pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pengguna jasa pelayanan kesehatan yang sesuai dengan tingkat kepuasan setiap penduduk serta pelaksanaannya sesuai dengan standar pelayanan dan kode etik profesi. Salah satu indikator dari mutu pelayanan keperawatan adalah apakah pelayanan keperawatan yang diberikan kepada pasien itu memuaskan atau tidak, Karena minat pelanggan untuk memakai jasa dari pemberi jasa sangat dipengaruhi oleh pengalaman kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan sebelumnya. Pelayanan keperawatan pada dasarnya ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada pasien. pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit harus berkualitas  dan  memenuhi lima dimensi mutu utama yaitu: tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan minat kunjungan ulang Rawat Jalan di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. Desain Penelitian yang digunakan, yaitu deskriptif kuantitatif dengan pendekatan   Cross Sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner mutu pelayanan dan minat kunjungan ulang yang telah di uji Validitas dan reliabilitas. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien Rawat Jalan RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh yang berjumlah 57 responden yang diambil dengan teknik accidental sampling. Teknik analisa menggunakan uji Chi Square. Didapatkan hasil bukti fisik nyata pelayanan baik sebesar 71,9%, kehandalan pelayanan  baik  sebesar  78,9%,  daya  tanggap  pelayanan  baik  sebesar 98,0%, jaminan pelayanan baik sebesar 70,2% dan empati pelayanan baik sebesar 82,5%. Terdapat hubungan mutu pelayanan keperawatan bukt fisik nyata (P value=0,024), kehandalan (P value=0,041), daya tanggap (P value=0,016), jaminan (P value=0,030) dan empati (P value=0,040) dengan minat kunjungan ulang di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. Saran agar lebih memperhatikan kembali mutu pelayanan yang ada untuk meningkatkan minat kunjungan ulang dari setiap pengunjung rumah sakit.

Full Text:

PDF

References


Baharuddin M., et al, 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Minat Pasien Dalam Memanfaatkan Kembali Jasa Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Wara Utara Kecamatan Bara Kota Palopo. Jurnal kesehatan : 2.

Brata, A. 2006. Dasar-dasar Pelayanan Prima. PT. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Devi, et al. 2014. Hubungan Persepsi Penggunaan Layanan Tentang Mutu Pelayanan Unit Rawat Inap (VIP) Gryatama dengan Minat Pemanfaata Ulang di BRSU Tabanan.

Halimatus’adiah, 2015. Hubungan Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Dengan Minat Pemanfaatan Rawat Jalan Umum Di Puskesmas Ciputat Timur. Skripsi. Program Studi Kesehatan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Hastuti, et al. 2017. Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat. 11(2): 161-168.

Kristina, P.J. 2017. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pengguna BPJS di RSI G Kabupaten Malang. Nursing News 2(3): 310-320.

Notoatmodjo, S. 2005. Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta.

Nursalam, 2015. Manajemen Kesehatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan

Profesional Edisi 5. Salemba Medika: Jakarta.

Prabowo, S. et al, 2016. Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Unit Rawat Inap RSUD Tugurejo Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan (JIKK).

Rasidin, C. 2018. Manajemen Kesehatan. CV Sah Media: Makassar. Retraningsih, E. 2013. Akses Layanan Kesehatan. PT Raja Grafindo: Jakarta.

Satrianegara, M. Fais dan Saleha Sitti, 2009. Organisasi dan Manajemen.

Pelayanan Kesehatan serta Kebidanan. Salemba Medika: Jakarta.

Taekab, A.H. et al, 2018. Analisis Persepsi Pasien terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas dan Hubungannya dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas leyangan kabupaten semarang. Jurnal kesehatan masyarakat (e-journal).7(1): 31-40.

Tjiptono, 2005. Service Quality dan Satisfaction. ANDI: Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v4i2.2411

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v4i2.2411.g1465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats