PEMBERIAN INFORMASI MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG HIV/AIDS PADA SISWA DI SMAN 1 GAMPING YOGYAKARTA

Menik Sri Daryanti, Iis Triana

Abstract


Stigma terhadap orang HIV/AIDS sangat berdampak negatif yang akan menyebabkan mereka dikucilkan. Edukasi pada anak-anak mengenai isu HIV dan AIDS bisa diberikan di sekolah-sekolah untuk membantu meningkatkan program pemerintah tentang Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Peran lembaga yang bergerak di bidang pencegahan dan penanganan HIV dan AIDS sangat membantu para remaja khususnya siswa akan pentingnya mencegah penularan HIV dan AIDS. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas metode ular tangga terhadap pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS di SMAN 1 Gamping, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis pre eksperimen  dengan desai one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Gamping kelas X IPS1sejumlah 15 siswa, dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Pemberian intervensi penyuluhan materi HIV/AIDS dengan metode ular tangga. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan p value <0,05 yaitu 0,002 sehingga ada perbedaan antara pengetahuan sebelum dan sesudah diberikannya permainan ular tangga. Terjadi peningkatan pengetahuan responden tentang HIV/AIDS dengan intervensi pemberian pendidikan kesehatan melalui metode permainan yaitu ular tangga sehingga permainan ular tangga dapat direkomendasikan sebagai metode alternatif baru dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Andalia, N, Agnes, dan Ridhwan, M. (2017). Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Persepsi Siswa Terhadap Penularan Penyakit AIDS. Jurnal Serambi Ilmu, Edisi Maret 2017 Volume 28 Nomor 1. hlm 51-58.

Hasanah, A. (2015). Pengaruh Penyuluhan Tentang HIV/AIDS Terhadap Tingkat Pengetahuan Dalam Pencegahan HIV/AIDS Pada Remaja Kelas Kelas XI MAN 2 Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi Program Studi D4 Bidan Pendidik Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Husaini. Panghiyangani, R. Saputra, M. (2017). Pengaruh Penyuluhan HIV/AIDS terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang HIV/ AIDS Mahasiswi Akademi Kebidanan Banjarbaru. Buletin Penelitian Kesehatan, Vol. 45, No. 1, Maret 2017. Hlm 11 – 16.

Irawan, E. (2016). Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Di Desa Kertajaya. Jurnal Ilmu Keperawatan, Vol. IV No. 1 April. Hlm 26-31.

Kementerian Kesehatan RI. (2015). Laporan Perkembangan HIV/AIDS Triwulan I Tahun 2015 dalam http://www.aidsindonesia.or.id/list/7/Laporan-Menkes.

Kementerian Kesehatan RI. (2015). Statistik Kasus HIV/AIDS di Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Lathifa, S, T. (2015). Perbandingan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Sebelum dan Sesudah Mengikuti Program Kelas Ibu Di Wilayah Bangsri Jepara. Surakarta : Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mudlofir A, Rusydiyah E, F. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif. Raja Grafindo Persada.

Notoatmodjo, S.. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Permenkes RI. (2013). Permenkes RI Nomor 21 tentang Penanggulangan HIV/AIDS Tahun 2013 dalam https://www.kebijakanaidsindonesia.net/id/dokumen-kebijakan/download/17-peraturan-pusat-national-regulation/361-permenkes-ri-no-21-tahun-2013-tentang-penanggulangan-hiv-dan-aids.

Puspitaningtiyas. R, dkk. (2017). Perbandingan Efektivitas Dental Health Education Metode Ceramah dan Metode Permainan Simulasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak. Jurnal e-GiGi (eG). Volume 5 Nomor 1, Januari-Juni 2017. Hlm 68-73.

Sara P. (2016). Efektivitas Metode Pendidikan Kesehatan Dengan Simulasi Permainan Ular Tangga Terhadap Perubahan Sikap Tentang Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Usia Sekolah di SDN 03 Singkawang. Naskah Publikasi Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Shaluhiyah, Z, Musthofa,S, B, Widjanarko, B. (2015). Stigma Masyarakat terhadap Orang dengan HIV/AIDS. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol. 9, No. 4, Mei 2015. hlm 333-339.

Zaen, A. Z. (2017). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Siswa Tentang Penyalahgunaan NAPZA di SMA Negeri 1 Sleman Yogyakarta. Yogyakarta : Skripsi Stikes Jendral Achmad Yani.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v5i2.3921

Article Metrics

Abstract - 815 PDF - 936

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v5i2.3921.g2115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal JKFT

Alamat Redaksi :

Jurnal JKFT

Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan 1 No.33 Cikokol Tangerang, Indonesia

Email: jkft.jurnalfikes@gmail.com




Jurnal JKFT a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2017.


Lihat Statistik Saya