Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tindakan Tidak Aman pada Pekerja di Proyek Pembangunan Apartemen Evencho Margonda

Sempurna Bangun, Indriasari Indriasari

Abstract


Unsafe action becomes a problem for most work accidents. This study focuses on the factors associated with unsafe actions caused by various kinds of causes or factors both within the worker and the work environment. The construction industry cannot be separated from the potential hazards that can cause work accidents. Analysis of unsafe actions is needed in an effort to prevent the number of accidents at work. The research was conducted using a cross sectional research design or method and included in descriptive research. The interview questionnaire was addressed to workers as many as 75 workers. Research variables aimed at resource persons include knowledge, motivation, supervision, K3 training and the availability of PPE. The assessment of unsafe actions was carried out by entering the results of the interviewee's questionnaire using the SPSS V20 application. From the results of the questionnaire research, 70 workers found unsafe actions were carried out by 44% of the workers. the lack of knowledge factor was 18.7%, the low motivation factor was 46.7%, the supervisory factor was less than 9.3%, the factor of workers who did not attend K3 training was 17.3%, and the factor of lack of availability of Personal Protective Equipment was 10.7 % of all factors with the strongest association with unsafe action. Monitoring and training are required to increase the knowledge of workers so that they can better avoid accidents caused by the factors that have been studied.

Keywords: Unsafe measures,Construction Industry, Factors Unsafe action factor

 

(Tindakan yang tidak aman menjadi masalah bagi sebagian besar kecelakaan kerja. Penelitian ini memfokuskan pada faktor-faktor yang terkait dengan tindakan tidak aman yang disebabkan oleh berbagai macam penyebab atau faktor baik di lingkungan pekerja maupun lingkungan kerja. Industri konstruksi tidak lepas dari potensi bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Analisis tindakan tidak aman diperlukan dalam upaya mencegah banyaknya kecelakaan kerja. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain atau metode penelitian cross sectional dan termasuk dalam penelitian deskriptif. Kuesioner wawancara ditujukan kepada pekerja sebanyak 75 pekerja. Variabel penelitian yang ditujukan pada nara sumber meliputi pengetahuan, motivasi, supervisi, pelatihan K3 dan ketersediaan APD. Penilaian tindakan tidak aman dilakukan dengan memasukkan hasil kuesioner narasumber menggunakan aplikasi SPSS V20. Dari hasil penelitian kuisioner, 70 pekerja menemukan tindakan tidak aman yang dilakukan oleh 44% pekerja. Faktor pengetahuan kurang 18,7%, faktor motivasi rendah 46,7%, faktor pengawasan kurang dari 9,3%, faktor pekerja yang tidak mengikuti pelatihan K3 sebanyak 17,3%, dan faktor kurangnya ketersediaan alat pelindung diri. Peralatan adalah 10,7% dari semua faktor dengan hubungan terkuat dengan tindakan tidak aman. Pemantauan dan pelatihan diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan pekerja agar dapat lebih terhindar dari kecelakaan yang disebabkan oleh faktor-faktor yang telah dipelajari.

Kata Kunci: Tindakan tidak aman, Industri Konstruksi, Faktor Faktor tindakan tidak aman.)


Full Text:

PDF

References


Buntarto.”DampakDampakTerjadinyaKecelakaanKerja”Rineka Cipta 2018

Depita (2018) Faktor Faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Tindakan Tidak Aman Di Proyek Pembangunan Apartemen Grand Sedayu, Tahun 2018

Ervianto (2005) Permasalahan Dari Segi Kemanusiaan, Biaya dan Manfaat Ekonomi, Aspek Hukum, Pertanggungjawaban Serta Citra Dari Suatu Organisasi Tahun 2005

Erika(2019)”FaktorFaktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Tindakan Tidak Aman Di Proyek Pembangunan Apartemen SS Tower Tahun 2019” Skripsi Jakarta : Fakultas Kesehatan Masyarakat 2019.

Frank Bird Jr. Management Guide To Loss Control, Atlanta. : Insititue Press.

Geller O Scoot. The Psychology of safety Handbook. Lewis Publissher, Boca Raton London. New

York Washington, D.C,2017.

Helliyanti Putri (2009). FaktorFaktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Tidak Aman Di Departemen Utility and Operation PT Indofood Sukses Makmur, Tbk Tahun 2009. Skripsi. Depok :Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Sri Rejeki, 2015. Sebab SebabTerjadinya Kecelakaan Kerja :Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/jt.v10i1.4003

Article Metrics

Abstract - 1962 PDF - 1890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://scholar.google.co.id/citations?user=RJRfBN0AAAAJ&hl=id&authuser=2