PERBANDINGAN MODEL INDEX CARD MATCH DENGAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN CARINGIN III KABUPATEN TANGERANG

Rini Rindayani, Dilla Fadhillah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan Model Index Card Match Dengan Time Token Arends terhadap keterampilan berbicara dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Caringin III Kabupaten Tangerang. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen jenis Nonquivalent Control Group Desaign. Hasil dari uji validitas isi dengan uji pakar Bahasa Indonesia. Sebelum data analisis, terlebih dahulu di uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan Chi Kuadrat dan uji Homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji Normalitas untuk kelas eksperimen 1 diperoleh thitung 2,0041 < ttabel  11,07 sedangkan untuk kelas eksperimen 2 thitung 1,1662  < ttabel  11,07 maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas sampel diperoleh dari populasi yang berditribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh Fhitung 1,27 sedangkan Ftabel 1,84 hal ini berarti Hasil perhitungan uji homogenitas diperoleh Fhitung 1,07 < Ftabel 1,84  hal ini berarti populasi dari kedua data memiliki varians yang homogen. Pengujian statistik dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh uji thitung 1,76 sedangkan  ttabel 2,00. Karena thitung lebih kecil dari tabel 1,76 < ttabel 2,00 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian tidak terdapat Perbandingan Antara Model Index Card Match Dengan Time Token Arends. Akan tetapi dilihat dari rata-rata kelas eksperimen 1 yaitu 75,06 dan kelas eksperimen 2 yaitu 70,71. Melihat hasil dari nilai rata-rata postes kelas eksperimen 1 yang menggunakan model Index Card Match lebih baik daripada kelas eksperimen 2 yang menggunakan model Time Token Arends.Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Caringin III Kabupaten Tangerang.

 

Kata Kunci : Model ICM, TTA, Keterampilan Berbicara.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i1.1257

Article Metrics

Abstract - 392 PDF - 421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats