MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS OBSERVASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 4 KOTA TANGERANG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Dien Mardiana

Abstract


ABSTRAK

Studi ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks observasi melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VII.8 di SMPN 4 Tangerang Selatan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis teks observasi melalui pembelajaran berbasis masalah. Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal hanya sebesar 55,81 dalam kategori kurang namun pada akhir siklus I meningkat menjadi 74,22 pada kategori cukup, dan pada akhir siklus II rata-rata nilai tes siswa sebesar 82,56 termasuk kategori baik. Keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II meningkat, pada siklus I rata-rata 68% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%.

 

Kata Kunci: Teks observasi, Pembelajaran Berbasis Masalah


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i1.1264

Article Metrics

Abstract - 340 PDF - 548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats