PENERAPAN MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV SDN Poris Gaga 6 Kota Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus (siklus I, siklus II, dan siklus III) yang tepatnya dilakukan pada bulan Januari-April 2019. Hasil penelitian yang diperoleh setelah implementasi tindakan yaitu siswa menjadi lebih antusias terhadap proses pembelajaran dan kebiasaan yang menjadi faktor penghambat membaca cepat dapat berkurang. Peningkatan keterampilan membaca siswa dapat dilihat pada siklus skor rata-rata tes kemampuan membaca siswa meningkat dari siklus I 75, Siklus II 79 dan meningkat menjadi 83 di akhir siklus III.
Kata Kunci: Membaca Intensif, Media Komik
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i2.1789
Article Metrics
Abstract - 743 PDF - 585Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.