MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA VISUAL SISWA KELAS II MI FATAHILLAH CILEDUG KOTA TANGERANG

Nur Latifah, Sa'odah Sa'odah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan rendahnya kemampuan membaca siswa yakni hampir 66% siswa tidak dapat membaca dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran membaca permulaan di kelas II MI Fatahillah Ciledug Kota Tangerang dan (2) kemampuan membaca siswa setelah diterapkannya media visual berupa kartu kata bergambar pada pembelajaran membaca permulaan di kelas II MI Fatahillah Ciledug Kota Tangerang. Media visual kartu kata bergambar merupakan suatu media pembelajaran yang telah dikembangkan . Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK model Kemmis & Mc.Taggard yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya melalui langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Fatahillah Ciledug Kota Tangerang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 orang siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa dari pra siklus (62,74), siklus I (69,90), dan siklus II (74,74).

 

Kata Kunci : Media Visual, Kemampuan Membaca Permulaan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v8i2.1794

Article Metrics

Abstract - 966 PDF - 783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats