PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN SERPONG 1 KOTA TANGERANG SELATAN

Dian Apriyanti, Hamdah Siti Hamsanah Fitriani, Candra Puspita Rini

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Serpong 1 Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimen dengan desain penelitiannya Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Serpong 1 Kota Tangerang Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes perbuatan (performancetest). Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test (Pretes – Postest) uji beda dua mean data tidak berpasangan independent dengan menggunakan taraf signifikasi  Pengujian hipotesis menggunakan statistik inferensial yang diawali uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t The Pooled Variance Model. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan, bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran sosiodrama pada keterampilan berbicara siswa, dengan materi drama dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari uji-t pretes diperoleh bahwa thitung = 0,501 dan ttabel = 2,0021 pada taraf signifikasi 5% ) dengan ini pretes yang diperoleh tidak terdapat perbedaan keterampilan berbicara antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t postes diperoleh thitung = 4,155 > ttabel = 2,0021. Maka dapat disimpulkan H0 ditolak H1 diterima.Dengan ini dapat dinyatakan terdapat perbedaan keterampilan berbicara antara siswa yang diberi metode pembelajaran sosiodrama dengan siswa yang diberi metode konvensional di kelas V SD Negeri Serpong 1 Kota Tangerang Selatan.

 

Kata Kunci: Metode Sosiodrama, Keterampilan Berbicara


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v9i1.2394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.