ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI KELAS 5 SD NEGRI DURI KEPA JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrifsikan kelogisan, penyusunan, penggunana tata bahasa, kosa kata dan ketepataan ejaan penulisan karangan ekposisi siswa kelas 5 SDN Duri Kepa, Jakarta. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kelogisan dan kesistematisan karangan merupakan ide kalimat yang di terima oleh akal dan penulisannya sesuai dengan ejaan. (2) penyusunan organisasi karangan merupakan pengelompokan gambar atau kejadian suatu “peristiwa” secara tersusun untuk di jadikan sebuah cerita. (3) penggunana tata bahasa merupakan penggunaan kata di setiap baris atau kalimat dengan penulisan yang dibicarakan atau yang di gambarkan dari sebuah peritiwa dengan benar. (4) kosa kata merupakan kata yang di gunakaan secara baku atau tidak baku di dalam penulisan kalimat di dalam penulisannya. (5) ketepataan ejaan merupakan penempatatan atau menggambarkan perhentian antara perhetian akhir, tekanan, tanda tanya dan lainnya.
Kata Kunci: karangan ekposisi, keterampilan menulis
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v9i2.2892
Article Metrics
Abstract - 650 PDF - 751Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.