Pengaruh Metode Cooperastive Learning Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Tangerang

Dilla Fadhillah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas X, dan melihat apakah ada pengaruh menggunakan metode cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Setelah melakukan penelitian, penulis memperoleh simpulan bahwa metode cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) memiliki pengaruh dalam proses belajar menulis karangan narasi. Hal itu terlihat dari skor pre test dan post test pada kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dari kelas kontrol sebagai kelas pembanding dalam penelitian ini. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa dengan menggunakan metode Cooperative Learning tipe TAI dapat mempengaruhi hasil menulis siswa pada karangan narasi, dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah. Penerapanya dalam kelas dapat membuat siswa lebih aktif dan saling membantu satu sama lain dengan orang lain, karena belajar dalam kelompok dapat meningkatkan suatu integritas yang tinggi pada maisng-masing siswa, mereka dapat saling menghargai pendapat orang lain dan berkejasama dalam memecahkan suatu masalah dalam kelompok.

 Kata kunci : Cooperative Learning, Tipe TAI, Menulis, Narasi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v7i2.877

Article Metrics

Abstract - 318 PDF - 350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats