Pengaruh Metode Cooperastive Learning Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Tangerang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas X, dan melihat apakah ada pengaruh menggunakan metode cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Setelah melakukan penelitian, penulis memperoleh simpulan bahwa metode cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization) memiliki pengaruh dalam proses belajar menulis karangan narasi. Hal itu terlihat dari skor pre test dan post test pada kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dari kelas kontrol sebagai kelas pembanding dalam penelitian ini. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa dengan menggunakan metode Cooperative Learning tipe TAI dapat mempengaruhi hasil menulis siswa pada karangan narasi, dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah. Penerapanya dalam kelas dapat membuat siswa lebih aktif dan saling membantu satu sama lain dengan orang lain, karena belajar dalam kelompok dapat meningkatkan suatu integritas yang tinggi pada maisng-masing siswa, mereka dapat saling menghargai pendapat orang lain dan berkejasama dalam memecahkan suatu masalah dalam kelompok.
Kata kunci : Cooperative Learning, Tipe TAI, Menulis, Narasi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v7i2.877
Article Metrics
Abstract - 318 PDF - 350Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.